Translate

biografi prrero agoliti

Written By iqbal_editing on Rabu, 19 Oktober 2016 | 15.02

Dritëro Agolli (lahir 1931) adalah Albania penyair, penulis, politisi, dan mantan presiden mati Albania Liga Penulis dan Artis . [1] Ia belajar di Leningrad di Uni Soviet dan menulis terutama puisi , tetapi juga cerita pendek, esai , drama, dan novel. Dia adalah kepala Albania Liga Penulis dan Seniman dari pembersihan Fadil Paçrami dan Todi Lubonja di keempat Sidang Pleno Partai Albania Tenaga Kerja dari tahun 1973 sampai 1992. [2]

Biografi

Agolli lahir dari keluarga petani di Menkulas di Kabupaten Devoll dekat Korca dan selesai SMA di Gjirokastra pada tahun 1952. Dia kemudian melanjutkan studinya di Fakultas Seni dari University of Leningrad dan mengambil jurnalisme sekembalinya ke Albania, bekerja untuk surat kabar harian Zeri i Popullit (English: suara Rakyat) selama lima belas tahun. Agolli juga wakil di parlemen Albania . [3]

Awal sebagai penyair

Agolli pertama mencapai sukses sebagai seorang penyair. Koleksi ayat awal aku keluar di jalan ( Albania : ne rrugë dolla, Tirana 1958), langkah-langkah saya di trotoar ( Albania : Hapat e Mija në asfalt, Tirana 1961), dan Gunung jalan dan trotoar ( Albania : Shtigje dhe malesh trotuare, Tirana 1965), memperkenalkan dirinya kepada masyarakat membaca sebagai penyair liris tulus dan berbakat dari tanah yang sudah menunjukkan teknik ayat ahli. Lampiran ke akarnya datang untuk membentuk dasar dari kredo puitisnya.

Upaya prosa

Sebagai seorang penulis prosa, Agolli pertama membuat nama untuk dirinya sendiri dengan novel Komisaris Memo ( Albania : Komisari Memo, Tirana 1970), diterjemahkan dalam bahasa Inggris sebagai The patung perunggu, Tirana 1975 awalnya dipahami sebagai sebuah cerita pendek.
Novel kedua Agolli ini, Pria dengan meriam ( Albania : Njeriu saya atas, Tirana 1975) diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris pada tahun 1983, mengambil tema partisan dari sudut yang berbeda dan dengan pendekatan yang agak lebih halus.
Setelah dua novel ini kepahlawanan partisan, Agolli diproduksi juga beberapa pekerjaan yang menarik, satir nya Splendour dan jatuhnya kawan Zylo ( Albania : Shkëlqimi dhe Renja e shokut Zylo, Tirana 1973), yang telah terbukti menjadi klaim untuk ketenaran. Kamerad Zylo adalah lambang dari bermaksud baik tapi tidak kompeten apparatchik , direktur departemen urusan budaya pemerintah jelas. kesombongan menyedihkan, semangat pemurah nya, perilaku publik aneh nya, singkatnya kemegahan dan kejatuhannya, semuanya dicatat secara rinci ironis dengan bekerja keras dan lebih cerdik bawahan dan teman Demkë yang berfungsi sebagai pengamat netral. Kamerad Zylo adalah sosok universal, karakter dapat ditemukan di setiap masyarakat atau usia, dan kritikus telah cepat untuk menarik paralel mulai dari Daniel Defoe dan Nikolay Gogol 's Revizor untuk Franz Kafka dan Milan Kundera ' s ZERT . Tapi itu pasti pembaca Eropa Timur yang terbaik akan menghargai semua seluk-beluk novel. Splendour dan jatuhnya kawan Zylo pertama kali muncul pada tahun 1972 di Tirana satir jurnal Hosteni (English: kusa The) dan diterbitkan pada tahun berikutnya dalam bentuk monografi.
Semua dalam semua, kekuatan Agolli di prosa terletak pada cerita pendek daripada dalam novel. Enam belas cerita pendek yang diterbitkan dalam bahasa Inggris dalam volume: Singkat cerita, Tirana 1985.
Salah satu koleksi awal cerita, 213-halaman Suara angin masa lalu ( Albania : Zhurma e ererave të dikurshme, Tirana 1964) '. Berubah menjadi kardus', memiliki perbedaan yang dilarang dan Penulis dituduh revisionisme Soviet pada saat partai telah menyerukan lebih Maois konsep revolusioner dalam sastra dan pengabdian yang lebih besar untuk massa pekerja.

Produktif melalui tahun 1990-an

Dritëro Agolli telah menjadi penulis yang produktif sepanjang 1990-an, suara langka kemanusiaan dan ketulusan dalam Albania huruf. Dia telah sangat produktif dalam beberapa tahun terakhir, dengan berbagai koleksi ayat diterima dengan baik: Waktu pengemis ( Albania : Lypësi i kohës, Tirana 1995), Semangat nenek moyang kita ( Albania : Shpirti i gjyshërve, Tirana 1996), Orang aneh pendekatan ( Albania : Vjen njeriu i çuditshëm, Tirana 1996), Balada untuk ayah saya dan saya sendiri ( Albania : Balade për tim makan dhe për Vete, Tirana 1997), Midnight notebook ( Albania : Fletorka e mesnatës, Tirana 1998), dan The jauh bell ( Albania : Kambana e larget, Tirana 1998). Di antara volume terbaru dari prosa adalah: kumpulan cerita pendek orang Insane ( Albania : Njerëz të krisur, Tirana 1995); Telanjang penunggang kuda ( Albania : Kalorësi lakuriq, Tirana 1996), dan kotak yang setan ( Albania : Arka e djallit, Tirana 1997).

Gaya penulisan

Agolli bersuka sajak bersahaja dan tokoh-tokoh yang tidak biasa berbicara. segar, jelas dan langsung syairnya, diwarnai dengan susu berbusa hangat dari sapi coklat di koperasi pertanian, dengan telinga pematangan jagung di lembah Devoll dan dengan alur-alur gelap tanah digarap, tidak kehilangan fokus pedesaan yang tetap kekuatan penyair, dan satu yang ia memupuk sadar. Selama bertahun-tahun, Agolli telah maju dan berhasil tetap setia pada dirinya sendiri dan pembacanya meskipun perubahan hidup masyarakat. Dalam volume The terlambat haji ( Albania : Pelegrini i vonuar, Tirana 1993), buku pertama yang pernah ditulis tanpa mata untuk sensor tak terlihat, kami menemukan sebuah bab baru: tidak hanya dalam kehidupan penyair, tetapi juga dalam perjuangan rakyatnya untuk bertahan hidup. Agolli mengaku dalam nota bene: "Untuk penyair dari generasi saya, usia dari kekecewaan dan dilema telah terbit, usia di mana untuk mengevaluasi kembali apa yang kami produksi, tanpa melupakan atau menolak nilai-nilai yang adil dan manusiawi kita melahirkan Tapi benteng. ide dan cita-cita yang kita percaya, sebagian dari kita benar-benar, orang lain sebagian, memiliki semua tapi runtuh, dan di dindingnya membakar api impian kita. Mereka kebakaran telah terbangun berbagai jenis ayat ... "

Legacy dan Dampak terhadap Albania Sastra

Meskipun Agolli adalah seorang tokoh terkemuka dalam nomenklatur komunis, ia tetap menjadi pilar yang sangat dihormati kehidupan publik dan sastra setelah jatuhnya kediktatoran, dan masih salah satu penulis yang paling banyak dibaca di Albania. [4] Pada awal 1990-an, ia aktif selama beberapa tahun sebagai anggota parlemen untuk Partai Sosialis Albania . Dia juga mendirikan sendiri Dritëro Publishing Company dengan cara yang ia telah mampu mempublikasikan banyak volume baru prosa dan puisi, dan membuat dampak besar pada kehidupan sastra dan intelektual di negeri ini.

Bibliografi

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik