Translate

essai pertanian senjata indonesia

Written By iqbal_editing on Minggu, 25 Desember 2016 | 06.59

Pertanian, Senjatanya Indonesia


Pertanian suatu istilah yang sering kita dengar, tapi apakah kita tau arti dari pertanian itu? Apakah kita tahu bahwa pertanian itu dapat menjadi senjata bagi kita rakyat Indonesia? Mengapa bisa disebut sebagai senjata? Siapakah yang akan menjadi tentara yang akan memegang senjata itu? Banyak sekali pertanyaan yang akan muncul ketika kita mendengar bahwa “Pertanian, Senjatanya Indonesia” mari kita bahas.
Pertanian dalam pengertian yang luas mencakup semua kegiatan yang melibatkan pemanfaatan mahkluk hidup untuk kepentingan manusia, kepentinga yang menyangkut hidup dan mati rakyat, yang akan membawa malapetaka apabila hal tersebut diabaikan. Tanpa kita sadari, perkembangan pada sektor pertanian di Negara kita telah mengalami kemunduran yang begitu siginifikan. Hal tersebut mengakibatkan pukulan yang telak untuk bangsa kita, bangsa yang hidup di atas tanah yang subur, bangsa yang sangat menggantungkan diri pada ketahanan pangannya namun tidak dapat menjaganya.
Kondisi Geografis Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau besar dan kecil dengan wilayah daratan dan lautan yang sangat luas serta posisi silang Indonesia yang sangat strategis membawa implikasi adanya kandungan sumber daya alam yang berlimpah dan beraneka ragam yang tersebar di seluruh wilayah nusantara. Lihat, betapa kayanya sumber daya alam yang dimiliki oleh Indonesia, sehingga dapat disimpulkan oleh penulis, bahwa sektor pertanian merupakan pilar utama pembangunan Indonesia dikarenakan hampir seluruh kegiatan perekonomian Indonesia berpusat pada sektor tersebut. Itulah yang dimaksud sebagai “Pertanian, senjatanya Indonesia”
Untuk mencapai  keberhasilah peningkatan pembangunan sektor pertanian diperlukan adanya kerjasama antara berbagai kalangan yang berkecimpung langsunng dibidang pertanian, baik itu dari petani, pemerintah, lembaga penelitian, ilmuwan, innovator, kalangan akademik (mahasiswa, siswa), maupun pihak industri.
Kemajuan dalam sektor pertanian mampu menguatkan  ketahanan pangan di Indonesia, yang belakangan ini kita tahu bahwa Indonesia sedang mengalami “krisis pangan” bukan hanya dapat mengatasi hal tersebut, tapi juga dapat mengatasi berbagai macam masalah seperti, pertumbuhan ekonomi, berkurangnya orang yang menderita penyakit gizi buruk, berkurangnya jumlah pengangguran, kenaik moral bangsa Indonesia, dan lain-lain. Semua masalah tersebut dapat dimusnah oleh senjatanya Indonesia, yaitu Pertanian. Diperlukan upaya di dalam meningkatkan kualitas senjata bangsa Indonesia sehingga dapat mencapai keadaan yang prima, diantaranya :
1.      Meningkatkan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia petani melalui penyuluhan serta upaya meningkatkan kualitas SDM petani melalui kegiatan pendidikan dan pelatihan pertanian sehingga pengetahuan informasi dan teknologi pertanian dapat sepenuhnya terkuasai oleh sang pemegang senjata terdepan, yaitu petani.
2.      Penguatan peran lembaga ekonomi petani melalu peningkatan modal usaha tani
3.      Keterlibatan para remaja dalam pembangunan sektor pertanian, hal ini penting mengingat malangnya remaja masa kini yang tidak mau mencoba mengangkat senjatanya, yaitu pada sektor pertanian.
4.      Penyedian bantuan benih kepada petani dan pemberdayaan kelembagaan pembenihan.
5.      Meningkatkan kesejahteraan petani dalam segala bidang, mengingat jasanya yang tinggi untuk mempertahankan ketahanan pangan Indonesia.
6.      Memanfaatkan lahan-lahan non produktif sehingga dapat dijadikan lahan produktif.
7.      Penerapan dan peningkatan teknologi dari para ilmuwan pertanian untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil pertanian Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik