Keterbatasan alat musik yang
dimiliki siswa tidak menjadi penghalang dalam pembelajaran Musikalisasi
Puisi di SMP Negeri 1 Kebonagung. Dengan alat musik sederhana ciptaan
siswa, pembelajaran jadi menyenangkan. Simak kisahnya.
Kompetensi Dasar (KD)
menyanyikan puisi yang sudah dimusikalisasi dengan berpedoman pada
kesesuaian isi puisi dan suasana/irama yang dibangun, bagi siswa kelas
IX di SMP Negeri 1 Kebonagung, merupakan pembelajaran yang dirasa paling
meriah dan menyenangkan. Sehingga membuat siswa ingin segera mengikuti
dan mengulanginya kembali. Guru SMP Negeri 1 Kebonagung Pacitan dalam
mengembangkan strategi untuk pencapaian KD tersebut menampilkan
musikalisasi puisi menggunakan alat musik sederhana. Alokasi waktu
disiapkan empat jam pelajaran untuk dua kali pertemuan.
Pertemuan pertama (2x 45 menit), siswa
diajak memahami tujuan pembelajaran, yaitu materi musikalisasi puisi
dengan memberikan contoh dengan memutar sebuah lagu puitis ”Remuk
Jantungku” dari grup band Geisha. Kemudian guru dan siswa bersama-sama
menentukan suasana lagu tersebut ditinjau dari diksi, rima, cara
menyanyikan, serta iringan musiknya. Selanjutnya siswa dibagi dalam lima
kelompok, tiap kelompok beranggotakan lima sampai enam siswa.
Masing-masing kelompok berdiskusi menentukan sebuah lagu dari Hand Phone
milik salah satu anggota kelompok. Kemudian lagu tersebut diputar dan
dianalisis unsur-unsurnya sesuai petunjuk guru. Dengan waktu yang
ditentukan guru, diskusi kelompok selesai dan hasilnya ditempel pada
dinding kelas. Antar kelompok saling mengamati dan memberikan komentar.
Di akhir pelajaran guru dan siswa mengadakan refleksi tentang
musikalisasi puisi. Selanjutnya pada pertemuan mendatang, tiap-tiap
kelompok diberi tugas untuk memilih sebuah lagu yang disukai, kemudian
mengganti syair lagu tersebut dengan memperhatikan unsur-unsur puisi
yang telah disepakati bersama. Serta, diharapkan tiap kelompok tampil
melagukan puisi tersebut dengan alat musik sederhana.
Pada pertemuan kedua (2×45 menit), guru
bertanya jawab dengan siswa tentang tugas puisi sekaligus irama musik
pengiringnya. Selanjutnya, setiap kelompok dipersilakan mengambil kartu
profesi/kartu pahlawan yang akhirnya menjadi nama kelompok dan penentu
urutan tampil. Masing-masing kelompok sibuk bersiap-siap menampilkan
musikalisasi puisi dari lagu yang telah digubahnya.
Untuk pembelajaran ini, siswa memilih
tempat di panggung gedung serba guna milik sekolah. Penilaian dilakukan
antar kelompok. Penilaian difokuskan pada kesesuaian suasana puisi
dengan musik pengiringnya, kekompakan, serta kreativitas tampilannya.
Secara keseluruhan, pertunjukan
musikalisasi puisi ini sangat menggairahkan siswa. Bagi siswa, minimnya
alat musik bukan menjadi kendala untuk tampil. Mereka menggunakan
alat-alat seadanya, seperti, piring aluminium, panci, drum, jirigen
tempat air, botol, bahkan ada kelompok yang hanya menggunakan tongkat
pramuka sebagai alat musiknya, yang dipukul sedemikian rupa, sehingga
tidak kalah menariknya dengan kelompok yang menggunakan alat musik
elektrik.
Pada penampilan musikalisasi puisi ini
guru dibantu salah satu siswa yang bertugas menjadi pembawa acara.
Setelah semua kelompok selesai tampil, guru memberi hadiah kepada
kelompok terbaik sekaligus menetapkan sebagai kelompok yang berhak
tampil pada acara pelepasan kelas IX.
Di akhir pembelajaran, guru melakukan
refleksi dan memberikan tugas individu yang sama yaitu menggubah syair
sebuah lagu menggunakan unsur-unsur puisi yang telah disepakati bersama.
FOTO PEMBELAJARAN MUSIKALISASI PUISI

Guru memberikan penjelasan bahwa meja pun bisa mengiringi musikalisasi puisi.

Untuk menentukan urutan tampil, salah satu siswa wakil kelompok mengambil kartu profesi sekaligus sebagai nama kelompok.

Contoh kartu pahlawan yang berfungsi untuk membentuk kelompok, urutan presentasi, atau nama kelompok.

Siswa tampil dalam pembelajaran musikalisasi puisi menggunakan alat musik sederhana.

Guru memberikan hadiah kepada kelompok terbaik.

Guru memberikan penjelasan bahwa meja pun bisa mengiringi musikalisasi puisi.

Untuk menentukan urutan tampil, salah satu siswa wakil kelompok mengambil kartu profesi sekaligus sebagai nama kelompok.

Contoh kartu pahlawan yang berfungsi untuk membentuk kelompok, urutan presentasi, atau nama kelompok.

Siswa tampil dalam pembelajaran musikalisasi puisi menggunakan alat musik sederhana.

Guru memberikan hadiah kepada kelompok terbaik.
0 komentar:
Posting Komentar