Translate

tempat pementasan teater di indonesia

Written By iqbal_editing on Minggu, 23 Oktober 2016 | 18.50

Gedung Cak Durasim-Surabaya

Arek-arek Suroboyo (warga Surabaya) pasti sudah tidak asing dengan gedung yang satu ini.
Cak Durasim sendiri adalah seniman teater berkebangsaan Indonesia. Namanya dikenal sebagai pemrakarsa perkumpulan ludruk di Surabaya. Cak Durasim telah meletakkan dasar berkesenian bagi para seniman tradisional di Indonesia.
Atas kesungguhan, gagasan, perjuangan, dan jasa-jasanya sosok Cak Durasim dihadirkan kembali dalam berbagai ekspresi antara lain untuk nama gedung pertunjukan yang berdiri di kompleks Taman Budaya Jawa Timur (TBJT).
Patung dan parikan fenomenal karyanya pun diikutsertakan dalam konstruksi bangunan tersebut. Gedung Cak Durasim tak hanya berfungsi sebagai latar pertunjukkan teater, tetapi juga untuk pementasan puisi, seni musik, seni tari, seni rupa, dan sebagainya.
Sastrawan W. S. Rendra pernah menggelar pementasan spektakulernya di gedung itu.
Namanya juga diabadikan sebagai nama Festival yang juga di gelar di kompleks TBJT, Festival Seni Cak Durasim. Kini Gedung Cak Durasim sering digunakan sebagai tempat pementasan seni teater
Alamat: Jl. Genteng Kali No.85, Genteng, Kota SBY, Jawa Timur 60275, Indonesia
Phone: +62 31 5345108

Gedung Kesenian Mbatu Aji-Malang

Gedung berikutnya yang sering menjadi tempat pementasan seni teater tradisional di Indonesia adalah Gedung Kesenian Mbatu Aji yang terletak di Malang.
Tidak banyak informasi yang tersedia tentang gedung yang satu ini, namun satu hal yang pasti, gedung ini kerap menjadi tuan rumah berbagai pertunjukan teater.
Salah satunya, ‘Ayo Ndelok’ Parade Teater mBatu yang diadakan pada tanggal 26 dan 27 Maret tahun ini.

Informasi Dasar

Alamat: Jl. Raya Oro-Oro Ombo No.9, Oro-Oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65316, Indonesia
Jam Operasi: 8–11AM

Taman Budaya Yogyakarta-Yogyakarta

Taman Budaya Yogyakarta (TBY) adalah sarana wisata yang terletak di Jalan Sri Wedani No 1, Yogyakarta.
TBY memiliki kompleks gedung yang berfungsi sebagai tempat pameran, pertunjukan, dan berbagai kegiatan seni lainnya.
TBY merupakan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) pada Dinas Kebudayaan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.
Fungsi dari TBY adalah sebagai pusat budaya termasuk di dalamnya pengembangan dan pengolahan pusat dokumentasi, etalase, dan informasi seni budaya dan pariwisata.
Kegiatan yang ada di TBY banyak berkaitan dengan aktivitas seni, seperti pameran seni rupa, pementasan teater, diskusi sastra, pembacaan puisi, dan festival kesenian.
Kegiatan yang secara rutin diadakan seperti Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) yang diadakan antara bulan Juli – Agustus, yang berisi acara seni pertunjukan, seni rupa, dan workshop seni.
Selain itu juga ada Biennale Jogja tiap dua tahun sekali, dan Festival Gamelan Internasional

Informasi Dasar

Alamat: Jl. Sriwedani No.1, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
Phone: +62 274 561914

Gedung Kesenian Jakarta –Jakarta Pusat

Bangunan putih berdesain neo renaissance ini berdiri pada 1814.
Digagas pendiriannya oleh gubernur Belanda Daendles, gedung ini baru benar-benar berdiri pada masa pemerintahan Gubernur Jenderal Inggris, Thomas Stamford Raffles.
Sejarah panjang menyertai gedung yang tak selalu berfungsi sebagai gedung pertunjukan ini.
Banyak peristiwa penting dalam sejarah Indonesia yang terjadi di GKJ. Misalnya kongres Pemuda pertama pada 1926 atau peresmian Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) oleh Presiden Sukarno.
Pernah pula ia digunakan sebagai kampus, dan bioskop sebelum akhirnya kembali ke fungsi awalnya sebagai gedung kesenian pada 1984.

Informasi Dasar

Alamat : Jl. Gedung Kesenian No. 1, Pasar Baru, Jakarta Pusat
Phone: +62 21 3441892

Teater Salihara –Jakarta Selatan

Berdiri di salah satu sudut kompleks Komunitas Salihara, sebuah pusat seni independen yang mulai dibuka pada 8 Agustus 2008 ini, Teater Salihara menjadi tempat pertunjukan bagi banyak seniman baik individual mau pun kelompok dari Indonesia mau pun mancanegara.
Mulai dibuka pada 8 Agustus 2008, ruang pertunjukan yang dirancang oleh arsitek Adi Purnomo ini bisa menampung sekitar 270 penonton.

Informasi Dasar

Alamat: Jl. Damarsari I No.2, Jati Padang, Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540, Indonesia
Phone: +62 21 7891202

Teater Sobokarti- Semarang

Teater Sobokarti merupakan karya Karsten kedua yang bertampang Jawa, setelah sebuah pendopo di komplek Istana Mangkunegara, Surakarta (1923).
Nyata sekali bahwa ia belajar banyak dari bentuk pendopo, sehingga ini pun diterapkan dalam rancangan teater tersebut.
Pada tahun lima puluhan gedung ini pernah dipakai untuk sebuah sekolah tinggi yang dipimpin oleh dr. Paryono. Sejak dulu memang selain dipergunakan untuk tempat pertunjukkan, gedung ini sekaligus juga untuk tempat latihan berbagai seni tradisional.

Informasi Dasar

Alamat : Jalan Dr. Cipto, Jawa Tengah 50123, Indonesia
Phone: +62 24 6714044
Jam Operasi: Open today · 10AM–6PM

Teater Utan Kayu – Jakarta

jildiskusi-620x330
Photo: islamlib.com
Merupakan bagian dari Komunitas Utan Kayu yang digagas Goenawan Mohamad bersama Aristides Katoppo, Mochtar Pabottinggi, Mara Mohamad Sunjaya, Ashadi Siregar dan beberapa aktivis pers lain, Teater Utan Kayu didirikan pada Agustus 1997 dengan ruangan berkapasitas 150 penonton.
TUK menekankan perkembangan seni pertunjukan yang tidak komersial.

Informasi Dasar

Alamat: Jl. Utan Kayu No.68H, Utan Kayu Utara, Matraman, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13120, Indonesia

Bentara Budaya Jakarta – Jakarta Pusat

Berbentuk rumah Kudus, Bentara Budaya Jakarta (BBJ) merupakan ruang seni kedua yang dibuat oleh Kelompok Kompas Gramedia (KKG) setelah Bentara Budaya Yogyakarta (BBY) yang didirikan pada 26 September 1982.
Tahun 2010, Bentara Budaya Bali (BBB) dibuka. Di ketiga tempat ini, ruang pamer utama bisa disulap menjadi auditorium di mana berbagai pertunjukan baik teater, tari, musik dan sebagainya kerap digelar.

Informasi Dasar

Alamat :Jalan Palmerah Selatan No.17, Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia
Jam Operasi: 9AM–12AM
Phone: +62 21 5483008

Usmar Ismail Hall –Jakarta Selatan

Usmar Ismail Hall adalah sebuah ruang pertunjukan yang menjadi bagian dari Pusat Perfilman Usmar Ismail yang bisa menampung sekitar 430 penonton.
Selain pemutaran film yang memang menjadi fungsi utama ruangan ini, resital music dan pertunjukan paduan suara, teater atau pembacaan sastra juga kerap digelar di sini.

Informasi Dasar

Alamat : Jl. H. R. Rasuna Said Kav. C 22, Kuningan, Jakarta Selatan

Taman Ismail Marzuki –Jakarta Pusat

TIM mulai beroperasi sebagai pusat kesenian pada 10 November 1968.
Memiliki tiga gedung pertunjukan, yakni Graha Bhakti Budaya, Teater Jakarta dan Teater Kecil, TIM juga memiliki ruang pamer untuk seniman senirupa Galeri Cipta 1 dan 2.
Di area Institut Kesenian Jakarta yang bersambung dan berada di bagian belakang TIM, juga terdapat satu gedung pertunjukan, Teater Luwes yang selain digunakan untuk pertunjukan karya mahasiswa IKJ juga sering digunakan untuk pertunjukan seniman di luar IKJ.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik