Translate

cerpen super ambisius

Written By iqbal_editing on Sabtu, 09 September 2017 | 10.31



“Hore...akhirnya naik ke kelas XII. Harus makin serius nih belajarnya, dikitin nongkrong, kurangin maen, gak boleh pacaran. Fokus belajar dah pokoknya. Biar masuk perguruan tinggi, dapet beasiswa, bla bla bla...”
Itu yang gue dengerin dari salah seorang temen gue yang super duper ambisius buat ngejar cita – citanya itu. Kadang, gue risih sama kelakuannya dia. Bukannya gue iri atau gimana sih, tapi...ah gue risih dah!
Gue Sheril, gue anak IPA tapi gak suka pelajaran IPA, seorang anak yang terpaksa masuk jurusan IPA karena di sekolah gue ga ada jurusan bahasa, gak pinter, gak bodo – bodo amat, gak cantik, gak jelek – jelek amat, dan idealis.
Sebenernya sih, dulu gue pinter. Tapi tahun – tahun terakhir ini prestasi gue agak nurun, padahal gue udah gak aktif lagi di organisasi atau ekskul di sekolah biar berkurang dah dan biar gue lebih fokus belajar dan fokus maen sama temen. Tahun terakhir, sia – sia banget buat gue kalo gak seneng – seneng sama temen yang bentar lagi pisah.
Pertemuan ketiga pelajaran bahasa Jerman, kelas gue ada ulangan. Seperti biasa gue ngapalin semua materi yang udah dikasih sama Herr Santoso. Gue udah pelajari semuanya dengan tujuan besok gue gak usah buka catetan kecil atau nyontek ke temen karena gue gak suka tuh kelakuan kaya begitu.
Hari itu gue ngerjain soal – soal ulangan dengan sangat sangat mudah dan lancar. Gak kaya setan – setan yang berkeliaran di sekeliling gue yang super panik karena katanya “gak dikasih kisi – kisi sih”, “wah materi ini belom dikasih nih”, sampe alesan “ini soal susah banget sih”. Padahal, gue rasa ini biasa – biasa aja.
Gue lihat si super duper ambisius di pojok kelas buka hp. Gue Cuma bisa liat, gue gak negur dia, buat apa? Toh nanti kalo ditegur dia malah balik ngambek sama gue. Gue gak biasa bikin masalah sih orangnya.
Beberapa hari kemudian, nilai udah dipajang lagi di mading kelas. Gue liat nama gue ada di kertas pertama, lumayan lah dapet 80. Nilai gue emang segitu gitu aja dari kelas X. Gak jauh dari 80. Tapi...tunggu tunggu tunggu, Si super duper ambisius itu dapet nilai lebih gede dari gue. Sebenernya sih gue gak terima. Gue yang udah cape – cape ngapalin, belajar sampe malem, kalah sama orang nyontek. Tapi, gue bukan orang yang ekspresif. Seperti biasa, gue biasa aja, gak nanggepin apa – apa. Gue gak peduli.
Gue balik ke kelas. Biasa, ibu – ibu rumpi lagi ngobrolin si Super duper ambisius itu. Samar – samar gue denger pembicaraan mereka. Ada salah satu ibu rumpi yang bilang gini, “dia tuh dapet kisi – kisi dari kelas yang udah ulangan tau guys, ya pantes lah dia dapet nilai gede.” Hmm emang iya gitu? Oke oke gue gak peduli. Biarin aja, orang lain ya orang lain. Gue gak boleh kaya gitu. Gue harus bener – benr nguji kemampuan gue sendiri. Kalo pengen nilai gede, ya kemampuannya juga harus tinggi.
Ulangan selanjutnya, yaitu ulangan matematika. Seperti biasa, apalah arti pelajaran matematika di mata gue. Gue ngapalin sebisa gue aja. Karena prediksi gue, itu soal bakalan susah banget.
Haha, ternyata iya. Susah banget mameeeeen. Seperti biasa, ah biarin aja. Liat ke pojok kelas, tumben banget si super duper ambisius itu gak buka hp atau catatan kecil, mungkin dia udah insyaf.
Beberapa hari kemudian, nilai matematika udah dipajang aja. Ketemu dah, nama gue, Sheril Navisa di urutan ke – 43 dengan nilai 38. Guecuma bisa senyum. Gue gak bisa kesel. Ini kemampuan gue, ini hasil gue.
Gue balik ke kelas. Gue liat, si Super duper ambisius itu dapet nilai gede. Kenapa yah? Seperti biasa, gue dapet info dari ibu – ibu rumpi. Katanya dia sendiri dapet kisi – kisi dari guru matematika. Kisi – kisi itu disuruh disebarin sama semua kelas, tapi dia malah pake sendiri dengan alesan lupa lah, gak punya pulsa, udah ngasih tahu tapi anak –anaknya gak respon lah, argh persetan dengan semua alasan kalo kaya gitu.
Akhirnya, si super duper ambisius itu dimusuhin sama semua anak di kelas kecuali gue. Buat gue, apa sih yang perlu dimasalahin, dia punya tujuan, keinginan kuat, ya wajar aja dia lakuin segala cara buat ngeraihnya.
Dia jadi terkucilkan dari pergaulan di kelas, kemana – mana sendiri, gak punya temen. Kasian juga. Akhirnya gue ajak dia ngobrol.
“Lo kenapa?”tanya gue.
“Gapapa,”jawab dia.
“Jujur aja sama gue, gue gak rumpi, gue tahu kok perasaan lo. Sekarang, ayo cerita, kenapa lo lakui hal kaya gitu?” desak gue.
“Gue...gue Cuma pengen ngeraih cita – cita gue. Gue pengen ngangkat derajat orang tua gue, gue pengen orang tua gue bangga sama gue,”jawab dia sambil mau netesin air mata.
“Tapi gak gitu caranya kan? Lo tuh punya temen, banyak. Lo juga harus mikirin perasaan temen – temen lo. Lo gak boleh egois. Lo ngerti maksud gue kan?”tanya gue dengan berbagai maksud di dalam pertanyaan gue.
“Iya, gue ngerti kok. Tapi Sher, sekarang tuh jujur aja gak cukup, usaha aja gak cukup Sher, kita harus cari celah,” jawab dia.
“Iyaiya, gue sangat sangat ngert,”jawab gue singkat.
Gue pergi sambil ngasih catatan kecil yang isinya gini, “jujur itu bakalan kepake dimanapun, kapanpun. Kejujuran itu, lebih bikin orang tua lo bangga daripada lo dapet segalanya dari hasil licik.”
Akhirnya, dia ngerti maksud omongan gue. Dia berubah jadi orang yang optimis. Gue jadi ikutan bangga. Bangga sama dia yang bisa berubah, dan bangga sama diri gue sendiri yang udah nularin kebiasaan jujur gue sama orang lain.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik