Translate

teater afrika selatan 1970- sekarang

Written By iqbal_editing on Sabtu, 29 Oktober 2016 | 16.29

erjuangan teater tahun 1970-an

Pada 1970-an intensifikasi pekerja dan perjuangan serikat buruh dan pemberontakan mahasiswa tahun 1976 yang menabur benih-benih revolusi yang akan mengakibatkan lahirnya demokrasi pada tahun 1994 . Sebagai represi tumbuh dan suara aktivis politik semakin dibungkam , teater menjadi sarana penting menyuarakan protes yang dilarang dari jalanan dan platform politik negara .

Teater berasal dari serikat pekerja , dari gerakan Kesadaran Hitam, dari upaya kolaboratif Fugard , Kani dan Ntshona , dari Kente , dan dari banyak universitas dan kelompok pinggiran . Seni Drama Musik dan Sastra Institute ( MDALI ) , dibentuk pada tahun 1972 , berusaha untuk " mempromosikan penentuan nasib sendiri , realisasi diri dan dukungan diri di teater seni " . Shah Theatre Academy di Durban terus bermain drama, hingga tahun 1980-an , para pemain Imitha didirikan di London Timur pada tahun 1970 , dan Pemain Inkhwezi muncul di Grahamstown pada tahun 1974 . Teks akrab dan tema universal yang disesuaikan untuk mencerminkan kondisi lokal dalam berbagai cara .

Pada tahun 1970 Selamat Datang Msomi , berkolaborasi dengan Peter Scholz dan Elizabeth Sneddon , direktur Theatre Workshop Perusahaan di Durban , diproduksi Umabatha , versi Zulu Macbeth , yang dilakukan baik di Afrika Selatan dan di Teater Musim Dunia di London pada tahun 1972 . Dorkay DPR Phoenix Pemain , disutradarai oleh Simon Barney , dipentaskan Phiri , sebuah musik jazz Afrika yang ditempatkan Volpone Ben Jonson dalam pengaturan kota , sementara Lokakarya 71 Crossroads digunakan untuk menyajikan Everyman dalam kota . Sebuah kelompok teater penting untuk muncul pada 1970-an adalah Junction nonracial Street Theatre Company , yang menghasilkan produksi inovatif seperti The fantastis Sejarah Manusia Useless dan Randlords dan Rotgut .

Sementara teater adat meledak , tempat untuk kinerjanya tidak . Negara -subsidi Performing Arts Council tidak tertarik pada pekerjaan baru Afrika Selatan dalam bahasa Inggris dan tentu saja tidak tertarik pada apa pun yang menantang apartheid . Pada tahun 1976 , misalnya, hanya kerja lokal untuk dilihat di panggung Dewan Kesenian Pertunjukan Transvaal ( PACT ) diwarnai penyair Adam Small Kanna Hy KO Huistoe .

Tempat-tempat baru dan inovatif mulai muncul dan produksi kerja lokal kontroversial menemukan rumah mereka di berbagai ruang di Universitas Witwatersrand , di Teater Antariksa di Cape Town dan Teater Stabil di Durban . Setelah 1976, Teater Pasar di Johannesburg , dan , sejak tahun 1977 , Teater Baxter di University of Cape Town kampus menjadi tempat populer untuk produksi lokal.

The Space , didirikan di Cape Town oleh teater fotografer Brian Astbury dan istrinya aktris Yvonne Bryceland , dibuka pada Mei tahun 1972 dan menempatkan dirinya sebagai tempat menantang nonracial di negara dibagi ras . Pertama perintis pinggiran teater di dalam negeri , itu dipasang hampir 300 produksi dimulai dengan perdana Laporan Athol Fugard yang Setelah Penangkapan bawah Immorality Act . Diambil alih oleh Moyra Rupa dan Rob Amato setelah Astbury dan Bryceland kiri , itu bertahan sebagai Space Rakyat untuk sekitar dua tahun sebelum menyerah pada tekanan keuangan yang luar biasa .




 Teater Pasar

Teater Pasar merupakan gagasan penulis dan sutradara Barney Simon dan produser dan administrator Mannie Manim , keduanya telah memiliki pengalaman yang luas teater sebelum membentuk Perusahaan - perusahaan independen berkomitmen untuk teater nonracial - pada tahun 1974 . Bertempat di bekas India segar menghasilkan pasar di Johannesburg Newtown , kompleks Teater Pasar terdiri dari tiga teater , Teater Utama , Simon Teater Barney dan Teater Laager .

Seperti Space Rakyat , itu menentang UU Wilayah Kelompok yang bioskop terbatas di daerah putih untuk orang kulit putih saja - baik sebagai penonton dan sebagai aktor . Dari awal para wali dari Market Theatre Kepercayaan membuka tahapan dan auditoria untuk semua orang yang ingin datang ke sana , terlepas dari ras . Teater Pasar lokal juga mendorong dramawan , pemain lokal, dan kerja lokal , bergerak akan membawa reputasi internasional dan serangkaian penghargaan sebagai manajemen yang paling menarik dan kewirausahaan di negeri ini .

Hal itu untuk Pasar yang Fugard akan membawa Pelajaran nya A dari Aloes , Guru Harold ... dan Boys , The Road to Mecca , Tempat dengan Babi , My Children ! Afrika saya! , Dan Playland . Di Pasar Barney Simon dan aktor itu akan berkembang di bengkel Cincinatti - Adegan City Life , Call Me Perempuan, Black Dog Inj'emnyana , Pasukan Mau Tahu , Lahir di RSA , dan Woza Albert !

Itu di Pasar yang Johannesburg theatergoers diperkenalkan untuk pekerjaan yang paling terkemuka dramawan dan direksi , termasuk Welcome Msomi , Zanemvula ( Zakes ) MDA , Pieter - Dirk Uys , Gibson Kente , Paul Slabolepszy , Mbongeni Ngema , Adam Kecil Afrika Selatan , PG du Plessis , Kessie Govender , Bartho Smit , Maishe Maponya , Percy MTWA , Deon Opperman , Reza de Wet , Matsemela Manaka , dan segudang aspiran .

Di bawah CEO baru Sibongiseni Mkhize , direktur artistik Malcolm Purkey dan manajer keuangan Christine McDonald , Teater Pasar telah berkembang menjadi sebuah kompleks budaya untuk teater , musik, tari dan seni sekutu . Teater merayakan ulang tahun ke 30 pada tahun 2006 dengan program tahun - panjang produksi teater lokal dan internasional .

Terkait erat dengan Pasar adalah Pusat Teater Baxter di Cape Town yang dibuka pada tahun 1977 di bawah arahan antusias Irlandia John Slemon . Itu tidak lama sebelum Slemon , Manim dan Simon sedang mendiskusikan kerjasama dan banyak keberhasilan Pasar , beberapa dari mereka disutradarai oleh Simon , melanjutkan untuk bermain di Baxter . Pada tahun 2001 Manim mengambil alih sebagai direktur Baxter .

Baxter juga membangun hubungan dengan kelompok kota setempat , Rumah Susun Pemain Cape , yang terutama dilakukan karya asli mereka sendiri yang akan membuka di Cape Town teater dan kemudian bermain di Teater Market.

Mbongeni Ngema dan Percy MTWA di Woza
Albert!
( Gambar : Teater Baxter )

 
Kemarahan dan kesedihan

Pada akhir 1970-an teater tumbuh sebagai sarana mengekspresikan frustrasi, kemarahan dan penderitaan di kalangan masyarakat . Di Space Rakyat pada tahun 1978 , dan kemudian di Teater Market , Imfundiso diproduksi oleh wanita Crossroads , luas permukiman informal kota , untuk mendramatisir keadaan mereka. Penjara adalah subyek dari banyak drama tahun 1970-an dan 1980-an , di antaranya Kani , Ntshona dan Fugard , The Island, dimana aktor menerima Tony Award , serta Lokakarya 71 yang workshopped Kelangsungan Hidup dan Mbongeni Ngema yang Asinamali .

Karya lain dieksplorasi nasib pekerja rumah tangga ( Poppie Nongena ) , trauma polisi hitam ( Bopha! ) , peran perempuan kulit hitam di Afrika Selatan dilanda kekerasan ( Wathint ' abafazi , wathint ' imbokodo - Anda Strike Woman , Anda Strike Rock) penahanan tanpa pengadilan ( Empat Paces oleh Dua ) dan keamanan infiltrasi polisi ( Lahir di RSA ) .

Gerakan serikat buruh juga menggunakan teater untuk mempublikasikan masalah. Pada tahun 1979 Junction Street Theatre Company diminta untuk menghasilkan drama singkat berjudul Keamanan , untuk mengumpulkan uang untuk mendukung pemogokan oleh Food and Canning Serikat Pekerja . Tahun berikutnya , selama pemogokan di pengecoran di Rand Timur , pengacara dipanggil untuk membantu mempertahankan beberapa striker ditangkap , dipahami situasi permainan peran untuk mencoba merekonstruksi peristiwa . Percobaan ini berkembang , dengan bantuan anggota Junction Street Theatre Company , menjadi produksi berjudul Ilanga Lizophumela Abasebenzi ( The Sun Akan Naik untuk Pekerja ) , dilakukan baik kepada pekerja di pabrik-pabrik dan untuk khalayak yang lebih luas di Universitas Witwatersrand .
Produksi lainnya menyusul, dan selama periode 1983-1987 , tiga belas drama diciptakan , banyak yang bermain di beberapa bagian negara , salah satu dari mereka juga sedang dilakukan di Inggris .
Mbongeni Ngema , yang tenar dengan Woza Albert ! , Diabadikan pemberontakan mahasiswa tahun 1976 pada tahun 1987 dengan hit Sarafina musiknya !
Para pemain dari hit Umoja internasional
beraksi di panggung .
( Gambar : Umoja )

Modern
Perubahan politik pada tahun 1994 mulai menggoyahkan posisi tradisional didominasi putih Seni Pertunjukan Dewan dan dengan kebebasan baru negara itu datang krisis identitas . Tidak lagi bisa dunia dibagi menjadi kebaikan ( penentang apartheid ) dan buruk ( pendukung apartheid ) . Hapus garis mulai kabur , dan dengan kabur datang ketidakpastian . Kehidupan budaya hidup Afrika Selatan mulai menjadi kurang bersemangat . Pasti apa yang harus menulis , banyak terkemuka dramawan negara itu tumbuh diam dan pekerjaan baru tipis di tanah .

Tetapi dengan abad baru berlangsung , pendulum berayun kembali , dan , di pembibitan seperti Pasar Laboratory Theatre , Teater Liberty di alun-alun , Sabtu Anak Teater Lokakarya , Cape Town Teater Lab , Teater Anak Nasional , tunas baru bakat yang berkembang dan mekar , dipelihara oleh acara seperti Masyarakat Pasar dan Festival Penulis Muda ' . Banyak nama-nama baru yang ditambahkan ke panggilan peran Afrika Selatan dramawan - Lesego Rampolokeng , Xoli Norman , Mondi Mayepu , Heinrich Reisenhofer dan Oscar Petersen , Fiona Coyne , Mark Lottering , Nazli George , Craig Freimond , dan Rajesh Gopie - kreatif, inovatif dan serius tentang teater .

Di Johannesburg , bioskop baru -baru ini membuka untuk umum . Teater Alexander di Braamfontein , Teater Victory Umoja ' s di Orange Grove dan Teatro di Montecasino , yang dibuka untuk menjadi tuan rumah The Lion King bulan Mei 2007, adalah tambahan baru ke 20 atau jadi bioskop sudah ada di kota .

Sebuah teater state-of - the-art baru sedang dibangun di Soweto dijadwalkan untuk membuka tahun 2012 .

Beberapa drama yang masih sering mentah dan marah dan compang-camping , tapi sekarang mereka mencakup tema-tema yang akan , pada tahun-tahun sebelumnya, telah dianggap tidak relevan . Cinta , agama , kekerasan keluarga, homoseksualitas , narkoba dan lebih banyak dieksplorasi dalam karya-karya yang terlibat dan melibatkan khalayak mereka . Penting pula, karya yang pada tahun 1970 masih baru , mengkilap dan inovatif telah , 30 tahun , menjadi klasik . Sebuah kebangkitan Woza Albert ! pada tahun 2001 membangkitkan kegembiraan yang sama dan pengakuan seperti aslinya , meskipun penonton muda tidak memiliki memori pribadi dari kerangka referensinya .

Karena penting , orang-orang muda mulai datang ke teater sebagai penonton . Tempat-tempat baru , seperti Gudang Cape Town dan Teater Fugard yang dibuka pada tahun 2010 di District Six , mendorong penonton muda , dengan berbagai teater segar yang meliputi Afrika dan inovatif asli pekerjaan Selatan mengimpor . Juga di Cape Town , High Street Theatre menyajikan program kaya terutama Afrikaans kerja Afrika Selatan , dicampur dengan Afrika Selatan , terutama Afrika, hiburan kabaret .


Kolaborasi , co- diproduksi oleh Artscape dengan Cape Town Teater Lab , memberikan baru Afrika Selatan bekerja musim satu minggu di teater Arena di kompleks Artscape . Artscape juga mementaskan komunitas -jenis festival . Audiens , meskipun, sayangnya masih cenderung mencerminkan demografi perusahaan di atas panggung .

Almarhum Barney Simon dan John Kani membuka Laboratorium Teater Pasar pada tahun 1989 dengan uang bibit dari Rockefeller Foundation . Laboratorium , pelatihan dan pengembangan sayap Theatre Market , menumbuhkan dan mengembangkan bakat akting muda. Bahkan dalam sekali - konservatif Free State , Pusat Seni Pertunjukan telah mengubah kegiatannya untuk melibatkan dan mengembangkan bakat daerah yang menarik di semua bidang kinerja .

Ledakan budaya yang paling menarik dari semua adalah dari masyarakat sendiri , mengamati wakil ketua Manajemen Teater Afrika Selatan , Des Lindberg . Pada remote Provinsi North West , misalnya , sebuah tradisi teater telah " berkembang dan tumbuh dan ditarik penonton dalam cara yaitu iri provinsi lain " . Di Western Cape , berkembang grup teater Dari Hip : Khulumakahle , campuran ensemble tuli pendengaran , menggunakan teater untuk mendobrak hambatan antara pendengaran dan tuli sektor penduduk .

Sebelum demokrasi , ada ledakan dari kelompok teater komunitas di kota-kota yang agenda politik berbentuk . Namun , beberapa sektor telah mencela bahwa hari ini , komunitas teater menghadapi persaingan yang ketat dari teater utama dan terganggu oleh salah urus dan kurangnya dana . Pasar Theatre Laboratory , dalam upaya untuk menghidupkan kembali komunitas teater , menjalankan sebuah festival komunitas teater setiap tahun "untuk memberikan ruang bagi masyarakat adat Afrika Selatan bekerja untuk dipentaskan " .

Dengan pengenalan bertahap teater studi ke dalam silabus sekolah , ada harapan bahwa generasi berikutnya akan tertarik menjauh dari televisi dan layar komputer dan kembali ke teater kursi.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik