Pada 1970-an intensifikasi pekerja dan perjuangan serikat buruh dan pemberontakan mahasiswa tahun 1976 yang menabur benih-benih revolusi yang akan mengakibatkan lahirnya demokrasi pada tahun 1994 . Sebagai represi tumbuh dan suara aktivis politik semakin dibungkam , teater menjadi sarana penting menyuarakan protes yang dilarang dari jalanan dan platform politik negara .
Teater berasal dari serikat pekerja , dari gerakan Kesadaran Hitam, dari upaya kolaboratif Fugard , Kani dan Ntshona , dari Kente , dan dari banyak universitas dan kelompok pinggiran . Seni Drama Musik dan Sastra Institute ( MDALI ) , dibentuk pada tahun 1972 , berusaha untuk " mempromosikan penentuan nasib sendiri , realisasi diri dan dukungan diri di teater seni " . Shah Theatre Academy di Durban terus bermain drama, hingga tahun 1980-an , para pemain Imitha didirikan di London Timur pada tahun 1970 , dan Pemain Inkhwezi muncul di Grahamstown pada tahun 1974 . Teks akrab dan tema universal yang disesuaikan untuk mencerminkan kondisi lokal dalam berbagai cara .
Pada tahun 1970 Selamat Datang Msomi , berkolaborasi dengan Peter Scholz dan Elizabeth Sneddon , direktur Theatre Workshop Perusahaan di Durban , diproduksi Umabatha , versi Zulu Macbeth , yang dilakukan baik di Afrika Selatan dan di Teater Musim Dunia di London pada tahun 1972 . Dorkay DPR Phoenix Pemain , disutradarai oleh Simon Barney , dipentaskan Phiri , sebuah musik jazz Afrika yang ditempatkan Volpone Ben Jonson dalam pengaturan kota , sementara Lokakarya 71 Crossroads digunakan untuk menyajikan Everyman dalam kota . Sebuah kelompok teater penting untuk muncul pada 1970-an adalah Junction nonracial Street Theatre Company , yang menghasilkan produksi inovatif seperti The fantastis Sejarah Manusia Useless dan Randlords dan Rotgut .
Sementara teater adat meledak , tempat untuk kinerjanya tidak . Negara -subsidi Performing Arts Council tidak tertarik pada pekerjaan baru Afrika Selatan dalam bahasa Inggris dan tentu saja tidak tertarik pada apa pun yang menantang apartheid . Pada tahun 1976 , misalnya, hanya kerja lokal untuk dilihat di panggung Dewan Kesenian Pertunjukan Transvaal ( PACT ) diwarnai penyair Adam Small Kanna Hy KO Huistoe .
Tempat-tempat baru dan inovatif mulai muncul dan produksi kerja lokal kontroversial menemukan rumah mereka di berbagai ruang di Universitas Witwatersrand , di Teater Antariksa di Cape Town dan Teater Stabil di Durban . Setelah 1976, Teater Pasar di Johannesburg , dan , sejak tahun 1977 , Teater Baxter di University of Cape Town kampus menjadi tempat populer untuk produksi lokal.
The Space , didirikan di Cape Town oleh teater fotografer Brian Astbury dan istrinya aktris Yvonne Bryceland , dibuka pada Mei tahun 1972 dan menempatkan dirinya sebagai tempat menantang nonracial di negara dibagi ras . Pertama perintis pinggiran teater di dalam negeri , itu dipasang hampir 300 produksi dimulai dengan perdana Laporan Athol Fugard yang Setelah Penangkapan bawah Immorality Act . Diambil alih oleh Moyra Rupa dan Rob Amato setelah Astbury dan Bryceland kiri , itu bertahan sebagai Space Rakyat untuk sekitar dua tahun sebelum menyerah pada tekanan keuangan yang luar biasa .
Teater Pasar
Teater Pasar merupakan gagasan penulis dan sutradara Barney Simon dan produser dan administrator Mannie Manim , keduanya telah memiliki pengalaman yang luas teater sebelum membentuk Perusahaan - perusahaan independen berkomitmen untuk teater nonracial - pada tahun 1974 . Bertempat di bekas India segar menghasilkan pasar di Johannesburg Newtown , kompleks Teater Pasar terdiri dari tiga teater , Teater Utama , Simon Teater Barney dan Teater Laager .
Seperti Space Rakyat , itu menentang UU Wilayah Kelompok yang bioskop terbatas di daerah putih untuk orang kulit putih saja - baik sebagai penonton dan sebagai aktor . Dari awal para wali dari Market Theatre Kepercayaan membuka tahapan dan auditoria untuk semua orang yang ingin datang ke sana , terlepas dari ras . Teater Pasar lokal juga mendorong dramawan , pemain lokal, dan kerja lokal , bergerak akan membawa reputasi internasional dan serangkaian penghargaan sebagai manajemen yang paling menarik dan kewirausahaan di negeri ini .
Hal itu untuk Pasar yang Fugard akan membawa Pelajaran nya A dari Aloes , Guru Harold ... dan Boys , The Road to Mecca , Tempat dengan Babi , My Children ! Afrika saya! , Dan Playland . Di Pasar Barney Simon dan aktor itu akan berkembang di bengkel Cincinatti - Adegan City Life , Call Me Perempuan, Black Dog Inj'emnyana , Pasukan Mau Tahu , Lahir di RSA , dan Woza Albert !
Itu di Pasar yang Johannesburg theatergoers diperkenalkan untuk pekerjaan yang paling terkemuka dramawan dan direksi , termasuk Welcome Msomi , Zanemvula ( Zakes ) MDA , Pieter - Dirk Uys , Gibson Kente , Paul Slabolepszy , Mbongeni Ngema , Adam Kecil Afrika Selatan , PG du Plessis , Kessie Govender , Bartho Smit , Maishe Maponya , Percy MTWA , Deon Opperman , Reza de Wet , Matsemela Manaka , dan segudang aspiran .
Di bawah CEO baru Sibongiseni Mkhize , direktur artistik Malcolm Purkey dan manajer keuangan Christine McDonald , Teater Pasar telah berkembang menjadi sebuah kompleks budaya untuk teater , musik, tari dan seni sekutu . Teater merayakan ulang tahun ke 30 pada tahun 2006 dengan program tahun - panjang produksi teater lokal dan internasional .
Terkait erat dengan Pasar adalah Pusat Teater Baxter di Cape Town yang dibuka pada tahun 1977 di bawah arahan antusias Irlandia John Slemon . Itu tidak lama sebelum Slemon , Manim dan Simon sedang mendiskusikan kerjasama dan banyak keberhasilan Pasar , beberapa dari mereka disutradarai oleh Simon , melanjutkan untuk bermain di Baxter . Pada tahun 2001 Manim mengambil alih sebagai direktur Baxter .
Baxter juga membangun hubungan dengan kelompok kota setempat , Rumah Susun Pemain Cape , yang terutama dilakukan karya asli mereka sendiri yang akan membuka di Cape Town teater dan kemudian bermain di Teater Market.
Mbongeni Ngema dan Percy MTWA di Woza
Albert!
( Gambar : Teater Baxter )
Kemarahan dan
kesedihan
Pada akhir 1970-an teater tumbuh sebagai sarana mengekspresikan frustrasi, kemarahan dan penderitaan di kalangan masyarakat . Di Space Rakyat pada tahun 1978 , dan kemudian di Teater Market , Imfundiso diproduksi oleh wanita Crossroads , luas permukiman informal kota , untuk mendramatisir keadaan mereka. Penjara adalah subyek dari banyak drama tahun 1970-an dan 1980-an , di antaranya Kani , Ntshona dan Fugard , The Island, dimana aktor menerima Tony Award , serta Lokakarya 71 yang workshopped Kelangsungan Hidup dan Mbongeni Ngema yang Asinamali .
Karya lain dieksplorasi nasib pekerja rumah tangga ( Poppie Nongena ) , trauma polisi hitam ( Bopha! ) , peran perempuan kulit hitam di Afrika Selatan dilanda kekerasan ( Wathint ' abafazi , wathint ' imbokodo - Anda Strike Woman , Anda Strike Rock) penahanan tanpa pengadilan ( Empat Paces oleh Dua ) dan keamanan infiltrasi polisi ( Lahir di RSA ) .
Gerakan serikat buruh juga menggunakan teater untuk mempublikasikan masalah. Pada tahun 1979 Junction Street Theatre Company diminta untuk menghasilkan drama singkat berjudul Keamanan , untuk mengumpulkan uang untuk mendukung pemogokan oleh Food and Canning Serikat Pekerja . Tahun berikutnya , selama pemogokan di pengecoran di Rand Timur , pengacara dipanggil untuk membantu mempertahankan beberapa striker ditangkap , dipahami situasi permainan peran untuk mencoba merekonstruksi peristiwa . Percobaan ini berkembang , dengan bantuan anggota Junction Street Theatre Company , menjadi produksi berjudul Ilanga Lizophumela Abasebenzi ( The Sun Akan Naik untuk Pekerja ) , dilakukan baik kepada pekerja di pabrik-pabrik dan untuk khalayak yang lebih luas di Universitas Witwatersrand .
Produksi lainnya menyusul, dan selama periode 1983-1987 , tiga belas drama diciptakan , banyak yang bermain di beberapa bagian negara , salah satu dari mereka juga sedang dilakukan di Inggris .
Mbongeni Ngema , yang tenar dengan Woza Albert ! , Diabadikan pemberontakan mahasiswa tahun 1976 pada tahun 1987 dengan hit Sarafina musiknya !
Para pemain dari hit Umoja internasional
beraksi di panggung .
( Gambar : Umoja )
Pada akhir 1970-an teater tumbuh sebagai sarana mengekspresikan frustrasi, kemarahan dan penderitaan di kalangan masyarakat . Di Space Rakyat pada tahun 1978 , dan kemudian di Teater Market , Imfundiso diproduksi oleh wanita Crossroads , luas permukiman informal kota , untuk mendramatisir keadaan mereka. Penjara adalah subyek dari banyak drama tahun 1970-an dan 1980-an , di antaranya Kani , Ntshona dan Fugard , The Island, dimana aktor menerima Tony Award , serta Lokakarya 71 yang workshopped Kelangsungan Hidup dan Mbongeni Ngema yang Asinamali .
Karya lain dieksplorasi nasib pekerja rumah tangga ( Poppie Nongena ) , trauma polisi hitam ( Bopha! ) , peran perempuan kulit hitam di Afrika Selatan dilanda kekerasan ( Wathint ' abafazi , wathint ' imbokodo - Anda Strike Woman , Anda Strike Rock) penahanan tanpa pengadilan ( Empat Paces oleh Dua ) dan keamanan infiltrasi polisi ( Lahir di RSA ) .
Gerakan serikat buruh juga menggunakan teater untuk mempublikasikan masalah. Pada tahun 1979 Junction Street Theatre Company diminta untuk menghasilkan drama singkat berjudul Keamanan , untuk mengumpulkan uang untuk mendukung pemogokan oleh Food and Canning Serikat Pekerja . Tahun berikutnya , selama pemogokan di pengecoran di Rand Timur , pengacara dipanggil untuk membantu mempertahankan beberapa striker ditangkap , dipahami situasi permainan peran untuk mencoba merekonstruksi peristiwa . Percobaan ini berkembang , dengan bantuan anggota Junction Street Theatre Company , menjadi produksi berjudul Ilanga Lizophumela Abasebenzi ( The Sun Akan Naik untuk Pekerja ) , dilakukan baik kepada pekerja di pabrik-pabrik dan untuk khalayak yang lebih luas di Universitas Witwatersrand .
Produksi lainnya menyusul, dan selama periode 1983-1987 , tiga belas drama diciptakan , banyak yang bermain di beberapa bagian negara , salah satu dari mereka juga sedang dilakukan di Inggris .
Mbongeni Ngema , yang tenar dengan Woza Albert ! , Diabadikan pemberontakan mahasiswa tahun 1976 pada tahun 1987 dengan hit Sarafina musiknya !
Para pemain dari hit Umoja internasional
beraksi di panggung .
( Gambar : Umoja )
Modern
Perubahan politik pada tahun 1994 mulai menggoyahkan posisi tradisional didominasi putih Seni Pertunjukan Dewan dan dengan kebebasan baru negara itu datang krisis identitas . Tidak lagi bisa dunia dibagi menjadi kebaikan ( penentang apartheid ) dan buruk ( pendukung apartheid ) . Hapus garis mulai kabur , dan dengan kabur datang ketidakpastian . Kehidupan budaya hidup Afrika Selatan mulai menjadi kurang bersemangat . Pasti apa yang harus menulis , banyak terkemuka dramawan negara itu tumbuh diam dan pekerjaan baru tipis di tanah .
Tetapi dengan abad baru berlangsung , pendulum berayun kembali , dan , di pembibitan seperti Pasar Laboratory Theatre , Teater Liberty di alun-alun , Sabtu Anak Teater Lokakarya , Cape Town Teater Lab , Teater Anak Nasional , tunas baru bakat yang berkembang dan mekar , dipelihara oleh acara seperti Masyarakat Pasar dan Festival Penulis Muda ' . Banyak nama-nama baru yang ditambahkan ke panggilan peran Afrika Selatan dramawan - Lesego Rampolokeng , Xoli Norman , Mondi Mayepu , Heinrich Reisenhofer dan Oscar Petersen , Fiona Coyne , Mark Lottering , Nazli George , Craig Freimond , dan Rajesh Gopie - kreatif, inovatif dan serius tentang teater .
Di Johannesburg , bioskop baru -baru ini membuka untuk umum . Teater Alexander di Braamfontein , Teater Victory Umoja ' s di Orange Grove dan Teatro di Montecasino , yang dibuka untuk menjadi tuan rumah The Lion King bulan Mei 2007, adalah tambahan baru ke 20 atau jadi bioskop sudah ada di kota .
Sebuah teater state-of - the-art baru sedang dibangun di Soweto dijadwalkan untuk membuka tahun 2012 .
Beberapa drama yang masih sering mentah dan marah dan compang-camping , tapi sekarang mereka mencakup tema-tema yang akan , pada tahun-tahun sebelumnya, telah dianggap tidak relevan . Cinta , agama , kekerasan keluarga, homoseksualitas , narkoba dan lebih banyak dieksplorasi dalam karya-karya yang terlibat dan melibatkan khalayak mereka . Penting pula, karya yang pada tahun 1970 masih baru , mengkilap dan inovatif telah , 30 tahun , menjadi klasik . Sebuah kebangkitan Woza Albert ! pada tahun 2001 membangkitkan kegembiraan yang sama dan pengakuan seperti aslinya , meskipun penonton muda tidak memiliki memori pribadi dari kerangka referensinya .
Karena penting , orang-orang muda mulai datang ke teater sebagai penonton . Tempat-tempat baru , seperti Gudang Cape Town dan Teater Fugard yang dibuka pada tahun 2010 di District Six , mendorong penonton muda , dengan berbagai teater segar yang meliputi Afrika dan inovatif asli pekerjaan Selatan mengimpor . Juga di Cape Town , High Street Theatre menyajikan program kaya terutama Afrikaans kerja Afrika Selatan , dicampur dengan Afrika Selatan , terutama Afrika, hiburan kabaret .
Kolaborasi , co- diproduksi oleh Artscape dengan Cape
Town Teater Lab , memberikan baru Afrika Selatan bekerja musim satu minggu di
teater Arena di kompleks Artscape . Artscape juga
mementaskan komunitas -jenis festival . Audiens
, meskipun, sayangnya masih cenderung mencerminkan demografi perusahaan di atas
panggung .
Almarhum Barney Simon dan John Kani membuka Laboratorium Teater Pasar pada tahun 1989 dengan uang bibit dari Rockefeller Foundation . Laboratorium , pelatihan dan pengembangan sayap Theatre Market , menumbuhkan dan mengembangkan bakat akting muda. Bahkan dalam sekali - konservatif Free State , Pusat Seni Pertunjukan telah mengubah kegiatannya untuk melibatkan dan mengembangkan bakat daerah yang menarik di semua bidang kinerja .
Ledakan budaya yang paling menarik dari semua adalah dari masyarakat sendiri , mengamati wakil ketua Manajemen Teater Afrika Selatan , Des Lindberg . Pada remote Provinsi North West , misalnya , sebuah tradisi teater telah " berkembang dan tumbuh dan ditarik penonton dalam cara yaitu iri provinsi lain " . Di Western Cape , berkembang grup teater Dari Hip : Khulumakahle , campuran ensemble tuli pendengaran , menggunakan teater untuk mendobrak hambatan antara pendengaran dan tuli sektor penduduk .
Sebelum demokrasi , ada ledakan dari kelompok teater komunitas di kota-kota yang agenda politik berbentuk . Namun , beberapa sektor telah mencela bahwa hari ini , komunitas teater menghadapi persaingan yang ketat dari teater utama dan terganggu oleh salah urus dan kurangnya dana . Pasar Theatre Laboratory , dalam upaya untuk menghidupkan kembali komunitas teater , menjalankan sebuah festival komunitas teater setiap tahun "untuk memberikan ruang bagi masyarakat adat Afrika Selatan bekerja untuk dipentaskan " .
Dengan pengenalan bertahap teater studi ke dalam silabus sekolah , ada harapan bahwa generasi berikutnya akan tertarik menjauh dari televisi dan layar komputer dan kembali ke teater kursi.
Almarhum Barney Simon dan John Kani membuka Laboratorium Teater Pasar pada tahun 1989 dengan uang bibit dari Rockefeller Foundation . Laboratorium , pelatihan dan pengembangan sayap Theatre Market , menumbuhkan dan mengembangkan bakat akting muda. Bahkan dalam sekali - konservatif Free State , Pusat Seni Pertunjukan telah mengubah kegiatannya untuk melibatkan dan mengembangkan bakat daerah yang menarik di semua bidang kinerja .
Ledakan budaya yang paling menarik dari semua adalah dari masyarakat sendiri , mengamati wakil ketua Manajemen Teater Afrika Selatan , Des Lindberg . Pada remote Provinsi North West , misalnya , sebuah tradisi teater telah " berkembang dan tumbuh dan ditarik penonton dalam cara yaitu iri provinsi lain " . Di Western Cape , berkembang grup teater Dari Hip : Khulumakahle , campuran ensemble tuli pendengaran , menggunakan teater untuk mendobrak hambatan antara pendengaran dan tuli sektor penduduk .
Sebelum demokrasi , ada ledakan dari kelompok teater komunitas di kota-kota yang agenda politik berbentuk . Namun , beberapa sektor telah mencela bahwa hari ini , komunitas teater menghadapi persaingan yang ketat dari teater utama dan terganggu oleh salah urus dan kurangnya dana . Pasar Theatre Laboratory , dalam upaya untuk menghidupkan kembali komunitas teater , menjalankan sebuah festival komunitas teater setiap tahun "untuk memberikan ruang bagi masyarakat adat Afrika Selatan bekerja untuk dipentaskan " .
Dengan pengenalan bertahap teater studi ke dalam silabus sekolah , ada harapan bahwa generasi berikutnya akan tertarik menjauh dari televisi dan layar komputer dan kembali ke teater kursi.
0 komentar:
Posting Komentar