Masa Kecil Meyerhold
V.E Meyerhold lahir pada
tanggal 9 Februari 1874 di Kota Penza, Rusia. Sejak kecil Meyerhold
akrab dengan nuansa minuman keras, hal itu dikarenakan sang ayah (warga
Negara Prusia) mempunyai bisnis minuman keras yang terbilang sukses. Di
bekas rumah kecilnya itu sebuah museum Teater Penza berdiri.
Untuk pendidikan formal, Meyerhold pernah belajar hukum di Universitas
Moskow selama dua periode. Selama periode ini, ia melepaskan asuhan
Protestan Jerman dan bergabung dengan Gereja Ortodoks Rusia. Dia juga
menikah dengan istri pertamanya, Olga Munt, yang mana ia memiliki tiga
anak perempuan. Pada saat itu, Meyerhold sangat tertarik dengan seni
teater. Dia pertama kali berpartisipasi dalam pertunjukan teater ketika
berada di sekolah tingginya (setara SMA), dan minatnya pun menjadi
serius. Dia terdaftar untuk kelas akting di Sekolah Teater Seni Moskow,
yang diawasi oleh pendiri teater, Vladimir Nemirovich-Danchenko. Antara
1898 dan 1902, ia bekerja di Teater Seni Moskow di mana dia adalah
seorang aktor dalam berbagai produksi, termasuk The Seagull dan The
Death of Ivan the Terrible.
Perkembangan Karir
1902-1907
Karir Meyerhold sebagai sutradara panggung dimulai pada tahun 1902 dan
berlangsung selama 37 tahun. Ia menyutradarai lebih dari 290 produksi.
Karyanya yang paling awal diidentikan dengan suatu ketertarikan dalam
realisme, mirip dengan Stanislavsky di Teater Seni Moskow. Dari 1902 ke
1906, ia mengikuti The New Drama Touring Company, di mana ia juga
berkesempatan untuk berakting (misalnya akrobat). Dalam serangkaian
produksi di Studio Teater Seni Moskow tahun 1905, Meyerhold memisahkan
diri dari realisme dan menunjukkan pendekatan yang unik dan kreatif
dalam menyutradarai untuk pertama kalinya. Beberapa dari eksplorasinya,
seperti The Death of Tintagiles oleh Maeterlynck dan Schluck dan Jau
oleh Hauptmann terjadi di sebuah lingkungan laboratorium dan tidak
terbuka untuk umum.
Meyerhold adalah sutradara Rusia pertama yang mengembangkan gaya
simbolis representasi teater. Saat itu ia juga bekerja di Teater Vera
Komissarzhevskaya di St. Petersburg pada tahun 1906-1907. Produksinya
Sister Beatrice karya Maeterlynck, The Fair Ground Booth karya Blok,
Life of a Man karya Andreyev, dan produksi lainnya menandai
keberangkatannya dari tradisi teater realistis. Masa kerja Meyerhold ini
dianalisis dalam teori kinerja di buku pertamanya, Teater: Sejarah dan
Teknik (1907).
1908-1918
Tahap penting berikutnya dari aktivitas kreatif Meyerhold sejak 1908
hingga 1918, telah dikhususkan untuk melembagakan reformasi di teater
Imperial besar di St. Petersburg, yaitu Teater Alexandrinsky, dan Opera
Mariinsky. Disana sutradara bekerja pada tradisi kinerja klasik sintesis
dengan interpretasi modern. Sebagai contoh, teknik teater Moliere yang
diintegrasikan ke dalam produksinya sendiri Don Juan, dan unsur-unsur
romantisme Rusia dari awal abad ke 19 yang telah dicampur ke dalam The
Storm karya Ostrovsky danMasquerade karya Lermontov.
Secara bersamaan, Meyerhold mengoperasikan studio teater. Ia berniat
untuk meningkatkan pelatihan aktor yang ditujukan bagi mereka agar bisa
berpartisipasi dalam produksinya. Fokusnya adalah pada pengembangan
keterampilan tradisional, gaya teater non-realistis. Sebagai contoh,
teknik dari commedia dell'arte dipraktekkan dalam bentuk asli mereka dan
kemudian diterapkan pada karya pasca-simbolis seperti karya drama
puitis A. Blok, The Fair Ground Booth dan The Beautiful Lady. Selain
itu, dengan menggunakan nama samaran Dr. Dapertutto, Meyerhold
menciptakan pertunjukan yang dramatis dan pantomim di kabaret artistik
kecil seperti House of Interludes. Menjadi sebuah kolaborasi yang luar
biasa ketika Meyerhold mengkombinasikan bakatnya dengan pelukis-pelukis
terkenal dari kelompok The World of Art. Di antara mereka yang
menciptakan desain mencolok untuk produksinya adalah Alexander Golovin,
Leon Bakst, Mstislav Dobuzhinsky, Nikolai Sapunov, dan Sergei Sudeikin.
Kontribusi Meyerhold dalam menyutradarai opera juga terkenal. Dia
mengembangkan produksi yang baru dan khas dari karya-karya besar Gluck,
Wagner, Mussorgsky, Stravinsky, dan komposer lainnya saat bekerja dengan
kinerja terbaik termasuk bass terkenal di dunia Fyodor Shalyapin.
Pencapaian orang yang luar biasa ini tidak berhenti sampai di situ. Pada
tahun 1912, Meyerhold berhasil mencapai luar batas Rusia untuk
memproduksi La Pisanella karya D'Annunzio di Théâtre Châtelet di Paris.
Pada tahun yang sama, ia menulis saluran teoritisnya, The Booth Show.
Pada akhir masa remajanya, ia bereksperimen dengan film, menyutradarai
The Portrait of Dorian Gray, berdasarkan novel Wilde, dan A Strong
Mankarya Przybyszewski.
Kaum intelektual masyarakat Rusia menanggapi dengan antusias untuk
inovasi teater yang besar dari Meyerhold. Namun, para pejabat Imperial
tidak begitu senang. Mereka memberikan tekanan berat untuk reformasi,
menuntut kembali Meyerhold ke dalam sebuah gaya konvensional dan
realistis untuk teater Kaisar. Sebagai akibatnya, revolusi Oktober pada
tahun 1917 telah memberikan perubahan yang cukup signifikan khususnya
bagi Meyerhold dan seniman lainnya. Mereka senang dengan runtuhnya
konsep seni borjuis yang konvensional. Mereka melihat bahwa ke depan,
mereka dapat memiliki kebebasan untuk terlibat dalam percobaan budaya
yang berani dan modern di bawah revolusioner Bolshevik.
Meyerhold bahkan bergabung dengan Partai Sosial Demokrat (kemudian
Komunis) pada tahun 1918. Ini merupakan keputusan yang beresiko tinggi,
karena ketika itu tidaklah mungkin untuk dapat mengantisipasi arah
pasang surut politik yang cepat berubah di Rusia yang akan mengalir itu.
Namun, Meyerhold adalah auteur produksi teater profesional pertama pada
masa Revolusi, Mystery-Bouffe, berdasarkan produksi Mayakovsky (tahun
1918). Tak lama setelah itu, anti-Bolshevik Tentara Putih menangkap dan
memenjarakan Meyerhold. Ketika dipenjara, ia diobati untuk penyakit TBC
yang dideritanya.
1919-1930
Setelah dibebaskan oleh Tentara Merah, Meyerhold pindah ke Moskow dan
diangkat menjadi Kepala Departemen Teater Narkompros, semacam Departemen
Kebudayaan Bolshevik. Dia memegang posisi ini tahun 1920 hingga 1921.
Di sana, Meyerhold memulai program teater Rusia yang baru, berdasarkan
ide-ide dari sandiwara demokrasi mirip dengan estetika Renaissance.
Dalam format ini, dikombinasikan dengan beberapa fitur seniman yang
lain, Meyerhold menciptakan produksi untuk perusahaan barunya, yang
disebut Teater Pertama RSFSR. Mereka termasuk The Dawn (1920) dan
Misteri-Bouffe (versi kedua, 1921). Karya-karya ini tidak didukung oleh
para pemimpin Bolshevik, dan dikritik tajam oleh istri Lenin, N.
Krupskaya, di koran partai terkemuka, Pravda. Sebagai akibatnya, teater
ditutup, dan Meyerhold dipecat dari jabatannya.
Pada tahun 1922, Meyerhold mendirikan perusahaan eksperimentalnya
(bernama Teater Vsevolod Meyerhold setahun kemudian). Dia bekerja dengan
organisasi ini selama 16 tahun. Sebagian besar aktor dilatih oleh
Meyerhold sendiri dan rekan-rekan terdekatnya. Teknik pelatihannya
dengan menggunakan teknik Biomekanik yang Meyerhold kembangkan.
Dalam produksinya di awal tahun 20-an, Meyerhold menyajikan
pendekatannya untuk Konstruktivisme, atau Produktivism Teater,
menampilkan aksi yang abstrak, sangat dinamis, anti-realistis dan
non-representasional, bertujuan untuk menciptakan sebuah "realitas
independen" di atas panggung. Produksinya mencakup The Magnanimous
Cuckoldkarya Crommelynck (1922) and The Death of Tarelkin karya
Sukhovo-Kobylin (1923). Dia juga memproduksi teatrikal besar Renaissance
– terinspirasi ketika menggunakan beberapa elemen dari kabaret politik,
termasuk The Forest oleh Ostrovsky dan D.E. berdasarkan novel
kontemporer (1924). Pada saat yang sama, Meyerhold menciptakan beberapa
pertunjukan untuk khalayak yang lebih luas di Teater Revolusi, seperti A
Lucrative Postkarya Ostrovsky and Lake Lyul karya Faiko. Reaksi
Bolshevik untuk karya-karya ini sangat negatif; serangan itu ditujukan
karena kurangnya kejelasan realistis dan relevansi politik.
Dimulai pada pertengahan dua puluhan, produksi Meyerhold didasarkan pada
estetika yang fantastis tragis. Beberapa dari mereka terlihat di luar
Rusia ketika tur ke Jerman dan Perancis pada tahun 1930. Mereka termasuk
Bubus the Teacher karya Faiko (1925), The Mandate karya Erdman (1925),
and Woe to Wit karya Griboedov (1928). Mungkin yang paling dikenal dari
seri ini adalah The Government Inspector karya Gogol (1926). Produksi
terakhir adalah salah satu dari filsafat yang paling rumit dan
phantasmagorias apokaliptik dalam seni Eropa abad ke-20, mirip dengan
lukisan Picasso atau Dali, musik dari Shostakovich atau Britten, atau
novel Mann atau Kafka.
Produksi Meyerhold berlanjut. Meskipun produksi Tretyakov, I Want a
Child dilarang, pada akhir tahun 1920 Meyerhold berhasil memproduksi dua
satir politik yang tajam karya Mayakovsky, The Bedbug (1929) and The
Bathhouse (1930). Dia juga berpartisipasi sebagai aktor dalam The White
Eagle, sebuah film yang memiliki gaya fantastis yang disutradarai oleh
Yakov Protazanov (1928).
Pada tahun 1929, Meyerhold pindah dengan keluarganya, ke rumah terakhirnya di Moskow.
Tahun Terakhir
Dalam sensor ketat sepanjang tahun 1930-an, Meyerhold berusaha untuk
menyampaikan semangat tragis produksinya secara tidak langsung dan
diam-diam, melalui tersirat dan sindiran atmosfer. Ini yang menjadi
karakteristik dari A List of Assets karya Olesha, Preludekarya Germann,
Krechinsky's Wedding karya Sukhovo-Kobylin, and Lady of the
Camelliaskarya Dumas (fils), serta opera Queen of Spades karya
Tchaikovsky yang diproduksi di Teater Opera Maly di St. Petersburg.
Meskipun pada masa suram, Meyerhold mengembangkan sebuah proyek yang
sangat ambisius - desain untuk sebuah bangunan baru untuk teaternya. Dia
ingin mewujudkan cita-citanya untuk menghasilkan teknis yang besar,
aksi teater bertingkat dalam ruang tiga-dimensi, dengan semangat dan
energi dari sebuah pasar. Konstruksi dimulai, namun bangunan itu tidak
pernah selesai.
Kedudukan Meyerhold pada rezim Stalin semakin berbahaya. Produksi
terakhirnya yang baru, yang para pejabat sensor perbolehkan untuk
dijalankan adalah 33 Fainting Fits karya Chekhov (1935). Direktur
visioner dituduh menjadi seorang formalis anti-Soviet dan tidak mampu
membuat kinerja politik yang akurat untuk kaum proletar Sovyet. Pada
tahun 1939, Meyerhold ditangkap dan dituduh melakukan kegiatan politik
anti-pemerintah. Ia dieksekusi di Moskow pada tanggal 2 Februari 1940.
0 komentar:
Posting Komentar