- Role Playing
- STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Memerankan tokoh dalam pementasan drama | · Menyampaikan dialog disertai gerak-gerik dan mimik, sesuai dengan watak tokoh· Mengekspresikan perilaku dan dialog tokoh protaganis dan atau antagonis | · Siswa dapat Menyampaikan dialog disertai gerak-gerik dan mimik, sesuai dengan watak tokoh.· Siswa Mampu mendiskusikan pengekspresian perilaku dan dialog yang disampaikan teman. |
- KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan | Nilai Budaya dan Karakter Bangsa | Alokasi Waktu |
Pendahuluan· Mengucapkan salam
· Mendata kehadiran siswa · Guru memberikan motivasi atau permaianan yang memacu konsentrasi siswa · Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai |
ReligiusBersahabat
komunikatif |
10 |
Kegiatan inti· Eksploarasi
F Siswa diminta mengingat apa itu berita F Guru menjelaskan secara lebih mendalam cara membaca berita dengan lafal, intonasi, kejelasan ucapan, tatapan mata dan sikap · Elaborasi F Siswa menyimak tayangan pementasan drama. F Siswa menyimak instruksi guru mengenai metode role playing F Masing-masing siswa mengambil kartu undian F Setiap siswa mengekspresikan tokoh yang di idolakannya F Guru memberikan penilaian · Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, F Siswa menyimpulkan hasil pembelajaran |
Kreatif |
20 40 10 |
Kegiatan akhirF Siswa mereview konsep-konsep penting yang telah dipelajari
F Siswa diajak merefleksikan nilai-nilai serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran F Guru memberikan motivasi |
Bersahabat dan berkomunikasi |
10 |
- ALAT/ SUMBER/ BAHAN
- Alat :
- Jas
- Dasi
- Kain batik
- Leptop
- In focus
- Sumber :
- Buku Teks kelas XI
- Lembar Kerja Siswa
- Interner
- Bahan :
- Video pementasan drama
- Naskah drama
- PENILAIAN
- Teknik : tes lisan, tanya jawab dan diskusi
- Bentuk Instumen : uraian bebas
- Bentuk soal :
- Baca dan Pahamilah teks drama yang akan diperankan!
- Hayati watak tokoh yang akan diperankan!
- Ekspresikan perilaku dan dialog tokoh protogonis, antagonis, atau tritagonis!
- Diskusikan pengekspresian perilaku dan dialog yang disampaikan teman!
- Rubrik Penilaian :
PENGEKSPRESIAN PERILAKU DAN DIALOG TOKOH DALAM DRAMA
Kompetensi Dasar : Mengekspresikan perilaku dan dialog tokoh protagonis dan atau antagonis
KOMPONEN | Nama Siswa | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |
1. Kemunculan pertama (mantap dan memberikankesan yang baik?) | |||||
2. Ekspresi wajah (sesuai dengan karakter tokoh?) | |||||
3. Pandangan mata dan gerak anggota tubuh (sesuaikarakter tokoh?) | |||||
4. Gerakan (sesuai karakter tokoh?) | |||||
5. Ucapan (sesuai karakter tokoh?) | |||||
6. Intonasi (sesuai karakter tokoh?) | |||||
7. Pengaturan jeda (pengaturan jeda tepat sehinggakalimat mencerminkan karakter tokoh?) | |||||
8. Intensitas dan kelancaran berbicara (konsisten?) | |||||
9. Diksi yang digunakan (sesuai karater tokoh?) | |||||
10. Cara berdialog untuk menggambarkan karaktertokoh (sesuai karakter tokoh?) | |||||
Jumlah |
0 komentar:
Posting Komentar