Translate

teknik pengajaran drama 2

Written By iqbal_editing on Kamis, 15 September 2016 | 17.44

ETODE PEMBELAJARAN
  • Role Playing

  1. STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka Terstruktur Mandiri
·         Memerankan tokoh dalam pementasan drama ·        Menyampaikan dialog disertai gerak-gerik dan mimik,   sesuai dengan watak tokoh·        Mengekspresikan perilaku dan dialog tokoh protaganis dan atau antagonis ·     Siswa dapat Menyampaikan dialog disertai gerak-gerik dan mimik, sesuai dengan watak tokoh.·     Siswa Mampu mendiskusikan pengekspresian  perilaku dan dialog yang disampaikan teman.


  1. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Nilai Budaya dan Karakter Bangsa Alokasi Waktu
Pendahuluan·         Mengucapkan salam ·         Mendata kehadiran siswa
·         Guru memberikan motivasi atau permaianan yang memacu konsentrasi siswa
·         Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai
      ReligiusBersahabat komunikatif
10
Kegiatan inti·         Eksploarasi F Siswa diminta mengingat apa itu berita
F Guru menjelaskan secara lebih mendalam cara membaca berita dengan lafal, intonasi, kejelasan ucapan, tatapan mata dan sikap

·         Elaborasi
F Siswa menyimak tayangan pementasan drama.
F Siswa menyimak instruksi guru mengenai metode role playing
F Masing-masing siswa mengambil kartu undian
F Setiap siswa mengekspresikan tokoh yang di idolakannya
F Guru memberikan penilaian

·         Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
F Siswa menyimpulkan hasil pembelajaran
Kreatif  
20










40






10
Kegiatan akhirF Siswa mereview konsep-konsep penting   yang telah dipelajari F Siswa diajak   merefleksikan nilai-nilai  serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran
F Guru memberikan motivasi
Bersahabat dan berkomunikasi  
10

  1. ALAT/ SUMBER/ BAHAN
  • Alat :
  • Jas
  • Dasi
  • Kain batik
  • Leptop
  • In focus

  • Sumber :
  • Buku Teks kelas XI
  • Lembar Kerja Siswa
  • Interner
  • Bahan :
  • Video pementasan drama
  • Naskah drama




  1. PENILAIAN
  2. Teknik : tes lisan, tanya jawab dan diskusi
  3. Bentuk Instumen : uraian bebas
  4. Bentuk soal :
  5. Baca dan Pahamilah teks drama yang akan diperankan!
  6. Hayati watak tokoh yang akan diperankan!
  7. Ekspresikan perilaku dan dialog tokoh protogonis, antagonis, atau  tritagonis!
  8. Diskusikan pengekspresian perilaku dan dialog yang disampaikan teman!
  9. Rubrik Penilaian             :
RUBRIK PENILAIAN
PENGEKSPRESIAN PERILAKU DAN DIALOG TOKOH DALAM DRAMA

Kompetensi Dasar          : Mengekspresikan perilaku dan dialog tokoh               protagonis dan atau antagonis

KOMPONEN Nama Siswa
1 2 3 4 5
1. Kemunculan pertama (mantap dan memberikankesan yang baik?)          
2. Ekspresi wajah (sesuai dengan karakter tokoh?)          
3. Pandangan mata dan gerak anggota tubuh (sesuaikarakter tokoh?)          
4. Gerakan (sesuai karakter tokoh?)          
5. Ucapan (sesuai karakter tokoh?)          
6. Intonasi (sesuai karakter tokoh?)          
7. Pengaturan jeda (pengaturan jeda tepat sehinggakalimat mencerminkan karakter tokoh?)          
8. Intensitas dan kelancaran berbicara (konsisten?)          
9. Diksi yang digunakan (sesuai karater tokoh?)          
10. Cara berdialog untuk menggambarkan karaktertokoh (sesuai karakter tokoh?)          
Jumlah          

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik