Isi
Keluarga
Juan Ruiz de Alarcón lahir di Real de Taxco, kemudian dinamai Taxco de Alarcón menghormatinya. Keluarganya tua Asturian bangsawan. Nama Alarcón telah diberikan kepada leluhurnya Ferren Martínez de Ceballos oleh Alfonso VIII dari Castile setelah ia berhasil mendorong Moor dari benteng Alarcón dekat Cuenca di kakek 1177. Juan Ruiz de Alarcón ini Hernando dan María de Mendoza merupakan yang pertama Spanyol tiba di Meksiko pada tahun 1535, ketika mereka mendirikan sendiri di Taxco. Putri mereka Leonor de Mendoza menikah Pedro Ruiz de Alarcón yang digambarkan sebagai hidalgo .Juan Ruiz de Alarcón memiliki empat saudara: Pedro Ruiz de Alarcón , yang rektor di College of Saint John Lateran , Hernando Ruiz de Alarcón yang adalah seorang imam dan dikenal karena telah menulis risalah mendokumentasikan praktik-praktik keagamaan non-Kristen dari Nahua Indian Meksiko tengah, Gaspar dan García, tentang siapa sedikit yang diketahui.
Kehidupan
Juan Ruiz de Alarcón lahir sekitar 1581 di Real de Taxco, New Spanyol, di mana ayahnya adalah pengawas tambang; ibunya adalah keturunan dari salah satu keluarga yang paling terkenal Spanyol, yang Mendozas. Dia bertubuh kecil dan menderita hunchbackedness . Selain itu, kulit berambut merah membuatnya obyek sesekali cemoohan, karena beberapa sektor masyarakat Katolik konservatif di mana ia kemudian tinggal memegang prasangka bahwa Yudas Iskariot adalah berambut merah sendiri. Karena itu, kritik sering diejek penampilannya daripada karya-karyanya.Dia pergi ke Spanyol pada tahun 1600, di mana ia belajar hukum di Universitas Salamanca . Ia melanjutkan studinya ke arah lisensiat Hukum-kira-kira setara dengan gelar-mana Master modern ia selesai di tahun 1605, tanpa, bagaimanapun, mengambil gelar. Sebaliknya, dia berlatih hukum untuk sementara di Seville, kemudian pada 1608 kembali ke Meksiko, dan pada 1609 menerima pemegang diploma yang dari University of Mexico . Ia menyelesaikan studinya untuk doktor cukup segera setelah itu, tetapi tidak pernah menerima gelar, kemungkinan karena biaya agak besar melekat upacara. Dia bekerja sebagai penasihat hukum untuk sementara waktu, sebagai advokat, dan sebagai hakim investigasi sementara, sambil mencoba berulang kali dan tidak berhasil untuk mendapatkan kursi mengajar di Universitas.
Kembali ke Spanyol sekitar tahun 1611, ia masuk rumah tangga Marquis de Salinas, dan mulai hidup frustasi pekerjaan-mencari di pengadilan. Pada saat yang sama, murni sebagai cara untuk membuat uang tampaknya, ia melemparkan dirinya ke dalam kehidupan sastra dan teater memabukkan ibukota, akhirnya memiliki sejumlah dramanya dilakukan. Bermain pertama, El semejante de sí mismo tidak berhasil, namun menarik perhatian padanya. Oleh beberapa, ia diejek dan dikritik; dari orang lain ia memperoleh dukungan.
Selama sepuluh tahun, ia mengejar kehidupan ganda ini, sampai akhirnya dia diamankan terlebih dulu sementara dan kemudian janji permanen untuk Royal Dewan Hindia (1626) -rather seperti pengadilan banding untuk koloni Spanyol di Amerika. Ternyata, saat sukses politik datang, dia semua tapi berhenti upaya-meskipun sastra ia memiliki dua volume dramanya diterbitkan (tahun 1628 dan 1634), mungkin karena beberapa dari mereka telah bajakan dan dipublikasikan sebelumnya dengan atribusi palsu untuk saingan teater nya Félix Lope de Vega . Setelah tiga belas tahun pelayanan hukum untuk mahkota, ia meninggal di Madrid di 1639.
Karir sastra dan pentingnya
Dia adalah penulis sekitar dua puluh lima drama. Dua puluh dari mereka diterbitkan oleh dramawan dalam dua volume. Yang pertama, dari 1628, berisi delapan drama (Los favores del mundo, La Industria y la suerte, Las paredes Oyen, El semejante sebuah mismo sí, La cueva de Salamanca, Mudarse por mejorarse, Todo es ventura dan El desdichado en fingir); dan volume kedua dari 1634 terdiri dari dua belas drama (Los empeños de un engaño, El dueño de las estrellas, La amistad castigada, La manganilla de Melilla, Ganar amigos, La verdad sospechosa, El Anticristo, El Tejedor de Segovia, La prueba de las promesas, Los pechos privilegiados, La crueldad por el kehormatan dan El examen de maridos). drama lainnya diterbitkan dalam koleksi. Ini termasuk: Quien mal Andari mal acaba, No hay mal que por bien ada venga dan La culpa busca la pena, y el agravio la Venganza. Dia juga penulis Siempre Ayuda la verdad, serta sebuah drama yang ditulis dalam kolaborasi, Algunas Hazanas de las muchas de don García Hurtado de Mendoza (1622). [2]
Yang paling terkenal dari dramanya adalah La verdad sospechosa, (diterbitkan pada 1634). Pertama besar komedi Prancis dalam sastra Perancis modern, Corneille 's Le menteur (The Liar), itu sbg yg diakui model setelah itu. Las paredes Oyen (Walls memiliki Ears) sering dianggap sebagai pendamping-sepotong karena keduanya bermain berurusan dengan kebohongan. [ 3] dramanya dapat dibagi menjadi setidaknya tiga kategori yang berbeda:. komedi sosial, drama politik dan drama yang mendramatisir astrologi, sihir dan praktek okultisme lainnya [4] di antara drama politik, El dueño de las estrellas berdiri sebagai sebuah tragedi yang menakjubkan , berurusan dengan Lycurgus , pemberi hukum Spartan. Meskipun oracle telah meramalkan bahwa ia akan baik membunuh seorang raja atau dibunuh oleh salah satu, ketika dihadapkan dengan dilema ia melakukan bunuh diri sehingga mengatasi kekuatan bintang. [5] Sebuah drama politik kedua, La amistad castigada, tidak biasa karena raja yang digulingkan pada akhir. Drama sihir termasuk contoh menakjubkan dari okultisme pada saat praktek seperti itu disukai. Lihat, misalnya, La cueva de Salamanca dan La prueba de las promesas. [6] Quien mal Andari, mal acaba mungkin bermain Spanyol lebih dulu yang mendramatisasi suatu perjanjian dengan setan. Memang, bahkan dalam komedi sosial seperti Las paredes Oyen kita dapat menemukan kiasan astrologi yang luas. [7]
Sakit hati oleh deformitas nya, Alarcón terus-menerus terlibat dalam pertengkaran pribadi dengan saingannya; tapi sikapnya dalam polemik ini selalu bermartabat, dan menghancurkan retort untuk Lope de Vega di Los privilegiados pechos adalah contoh yang tak tertandingi dingin, makian mencemooh.
Lebih dari dramawan Spanyol lainnya, Alarcón disibukkan dengan tujuan etika, dan hadiah presentasi dramatis adalah sebagai brilian sebagai dialognya alami dan lincah. Telah diduga bahwa asal non-Spanyol-nya adalah nyata dalam dramanya, dan ada beberapa dasar untuk pengamatan; tapi pengerjaan nya sangat teliti, dan di El Tejedor de Segovia ia menghasilkan sebuah karya seni nasional, sentimen nasional dan ekspresi nasional.
Pekerjaan
Drama dalam ayat
- La verdad sospechosa (Tersangka Kebenaran)
- Los favores del mundo
- La Industria y la suerte
- Las paredes Oyen ( The Walls Punya Telinga )
- El semejante sebuah sí mismo (Dia Siapa yang Mirip dengan diri-Nya)
- La cueva de Salamanca (The Cave di Salamanca)
- Mudarse por mejorarse
- Todo es ventura
- El desdichado en fingir
- Los empeños de un engaño
- El dueño de las estrellas (Master of the Stars)
- La amistad castigada (Friendship Dihukum)
- La manganilla de Melilla (The tipu di Melilla)
- amigos ganar
- El Anticristo (Antikristus)
- El Tejedor de Segovia (The Weaver dari Segovia)
- La prueba de las promesas (Trial melalui Promises)
- Privilegiados pechos Los
- La crueldad por el kehormatan
- El examen de maridos (The Test of Pelamar)
- Quien mal Andari en mal acaba (Dia yang Mengikuti sebuah jalan Jahat Berakhir evilly)
- No hay mal que por bien ada venga
Teks non-dramatis dalam ayat
- Una redondilla y cuatro décimas sobre el Asunto que luego se Vera
- Vejamen académico sebuah Bricián Díez Cruzate, cuando se doctoró en la Universidad de México (1609-1613)
- Decima del licenciado don Juan Ruiz de Alarcón, de alami México
- Romantis kontra don Francisco de Quevedo
- El licenciado don Juan Ruiz de Alarcón y Mendoza don Diego Agreda y Vargas
- Al Dokter Cristóbal Pérez de Herrera, el licenciado don Juan Ruiz de Alarcón y Mendoza
- Sebuah don Gonzalo de Céspedes y Meneses, el licenciado don Juan Ruiz de Alarcón y Mendoza
- Al Santo Cristo que se Hallo en Prete, ciudad del Palatinado rendah, quitado de la Cruz y hecho pedazos por los calvinistas, restaurado por los Catolicos, el licenciado Juan Ruiz de Alarcón dirige estos sonetos
- De don Juan Ruiz de Alarcón en la muerte del Conde de Villamedina (21 de agosto de 1622)
- Elogio descriptivo a las pesta-pesta que Su Majestad del rey Filipo IIII hizo por su persona en Madrid, sebuah 21 de agosto de 1623 años, a la celebración de los Conciertos entr el serenísimo Carlos Estuardo, Príncipe de Inglaterra, y la serenísima María de Austria, Infanta de Castilla, al Duque Adelantado & c.
- El licenciado don Juan Ruiz de Alarcón y Mendoza, al mismo (José Camerino)
- Al volcán en incendios del Vesubio, el licenciado don Juan Ruiz de Alarcón y Mendoza, relator del Consejo de Indias. Epigrama XXIX
- Sonero Dedicado al mismo Asunto que el anterior
- Satira kontra don Francisco de Quevedo
- El licenciado don Juan Ruiz de Alarcón y Mendoza, relator del Consejo de las Indias. Al autor. Décimas
0 komentar:
Posting Komentar