Translate

biografi robert lewis stevenson

Written By iqbal_editing on Minggu, 16 Oktober 2016 | 22.43

Robert Lewis (kemudian: "Louis") Balfour Stevenson lahir di Edinburgh pada 13 November 1850. Ayahnya Thomas milik keluarga insinyur yang membangun banyak mercusuar laut dalam di sekitar pantai berbatu Skotlandia. Ibunya, Margaret Isabella Balfour , berasal dari keluarga pengacara dan menteri gereja. Pada tahun 1857 keluarganya pindah ke 17 Heriot Row , padat, rumah terhormat di Edinburgh New Town.
Pada usia tujuh belas ia kuliah di Universitas Edinburgh untuk belajar teknik, dengan tujuan - ayahnya berharap - mengikuti dia di perusahaan keluarga. Namun, ia meninggalkan kursus ini studi dan membuat kompromi belajar hukum. Dia "lulus advokat" pada tahun 1875, tetapi tidak berlatih sejak sekarang ia tahu ia ingin menjadi penulis. Dalam liburan musim panas universitas dia pergi ke Prancis untuk berada di perusahaan dari seniman muda lainnya, baik penulis dan pelukis. Karya pertamanya diterbitkan adalah sebuah esai berjudul "Jalan" , dan volume pertama kali diterbitkan nya adalah karya tulis perjalanan .

Pekerjaan awal Diterbitkan

Volume diterbitkan pertama, An Inland Voyage (1878), adalah rekening dari perjalanan ia membuat dengan sampan dari Antwerp ke utara Perancis, di mana menonjol diberikan kepada penulis dan pikirannya. Sebuah karya pendamping, Travels dengan Donkey di Cevennes (1879), memberi kita lebih dari pemikirannya tentang kehidupan dan masyarakat manusia dan terus dalam mengkonsolidasikan citra narator memukau yang kami juga menemukan di esai dan surat-surat (yang dapat digolongkan antara karya-karyanya yang terbaik).

Pertemuan dengan Fanny, Perjalanan ke California, Pernikahan

Pertemuan dengan calon istrinya, Fanny , adalah untuk mengubah sisa hidupnya. Mereka bertemu segera setelah ia "voyage pedalaman", di September 1876 di Grez , sebuah desa tepi sungai sebelah selatan-timur dari Paris; dia dua puluh lima, dan dia tiga puluh enam, independen Amerika "New Woman", terpisah dari suaminya dan dengan dua anak. Dua tahun kemudian ia kembali ke California dan satu tahun setelah itu, pada bulan Agustus 1879, RLS ditetapkan pada perjalanan panjang untuk bergabung dengannya. Pengalaman ini adalah untuk menjadi subjek berikutnya skala besar pekerjaan Amatir Emigrant (ditulis 1879-1880, yang diterbitkan dalam bagian pada tahun 1892 dan secara penuh pada tahun 1895), account dari perjalanan ini ke California, yang Noble (1985: 14) menganggap karyanya terbaik. Dalam karya ini reportase perseptif dan observasi berpikiran terbuka dan manusiawi suara kurang apung dan tidak menghindari pengamatan kesulitan dan penderitaan. (The paradoks cahaya-hati dan alamat rahasia kepada pembaca esai yang ditulis beberapa tahun sebelum (1876-1877) dan kemudian diterbitkan sebagai Virginibus Puerisque (1881) terus dalam penciptaan yang asli persona pengarang ceria.) Setelah Fanny memperoleh perceraian, ia dan RLS menikah di San Francisco Mei 1880. Penutup periode pertama ini menulis berdasarkan erat pada pengalaman langsung sendiri adalah The Perambah Silverado (1883), akun bulan madu tiga minggu mereka di sebuah tambang perak ditinggalkan di California.

Cerita pendek

Stevenson memiliki tempat yang penting dalam sejarah cerita pendek di Kepulauan Inggris: form telah dijabarkan dan dikembangkan di Amerika, Prancis dan Rusia dari abad pertengahan ke-19, tapi itu Stevenson yang memulai tradisi Inggris . pertama kali diterbitkan narasi fiksi adalah "A Khusus untuk Night" (1877), cerita pendek awalnya diterbitkan di majalah, seperti karya narasi awal lainnya, seperti "The Sire De Malétroit Door" (1877), "Providence dan Gitar "(1878), dan" The Pavilion pada Link "(1880, dianggap oleh Conan Doyle pada tahun 1890 sebagai" tanda-air tinggi jenius [Stevenson] "dan" cerita pendek pertama di dunia "(Menikoff 1990, p . 342). keempat cerita dikumpulkan dalam volume yang berjudul New Arabian Nights pada tahun 1882, didahului oleh tujuh cerita terkait awalnya disebut "orang-Day Arabian Nights" ketika diterbitkan di majalah pada tahun 1878. koleksi ini dianggap sebagai titik awal untuk sejarah cerita pendek bahasa Inggris oleh Barry Menikoff (1987, p. 126). cerita-cerita Arab digambarkan oleh kritikus saat itu sebagai "cerita fantastis petualangan", "roman aneh" "di mana pikiran analitik kehilangan itu sendiri" (Maixner, pp. 117, 120), dan dilihat oleh Chesterton sebagai "tiada bandingnya" dan "yang paling unik dari karya-karyanya" (p. 169). Mereka memiliki afinitas dengan Kasus Aneh dari Dr Jekyll dan Mr Hyde dalam pengaturan mereka di kota modern labirin, dan subyek kejahatan dan rahasia bersalah melibatkan anggota terhormat masyarakat. Stevenson terus menulis cerita pendek sepanjang hidupnya, dan judul penting termasuk: "Thrawn Janet" (1881), "The Merry Men" (1882), "The Treasure of Franchard" (1883), "Markheim" (1885), yang , menjadi narasi Double, memiliki afinitas tertentu dengan Dr Jekyll dan Mr Hyde. "Olalla" (1885), yang seperti Dr Jekyll dan Mr Hyde berasal mimpi juga berkaitan dengan kemungkinan degenerasi. Narasi pendek di atas semua dikumpulkan dalam The Merry Men dan Tales lain dan Dongeng pada tahun 1887.
"Olalla" ditulis dalam periode lebih dari dua tahun (1885-1887) ketika Stevenson dan Fanny tinggal di Bournemouth. Meskipun masalah kesehatan dan keuangan, ini adalah periode pertemuan dengan Henry James , KAMI Henley dan tokoh sastra lainnya , dan ketika ia menulis cerita pendek panjang (diterbitkan sebagai volume tunggal), "buku terobosan" nya Kasus Aneh dari Dr Jekyll dan Mr Hyde (1886).
Lain koleksi Entertainments Pulau Nights ' , cerita dengan pengaturan Laut Selatan, diterbitkan pada tahun 1893, termasuk "The Bottle Imp" (1891), "The Beach of Falesa" (1892, cerita pendek panjang panjang sama seperti Dr Jekyll dan Mr Hyde), dan "The Isle of Voices" (1893).

Novel dan Kisah Cinta

Pangeran Otto (1885), kedua full-length ceritanya, didefinisikan oleh sebagai "fantasi filosofis-humouristical-psikologis" (Maixner, p. 181). Tindakan ini provokatif diatur di negara imajiner Grünewald, pilihan yang tidak biasa untuk Stevenson, dan itu ke Skotlandia sejarah (yang sudah disediakan pengaturan untuk Diculik dan Catriona) bahwa ia berpaling untuk full-length ceritanya berikutnya "dewasa", Master of Ballantrae (1889). Ini adalah narasi Doubles di mana saudara James dan Henry memiliki kesamaan dengan Jekyll dan Hyde, tidak hanya di inisial mereka, tetapi juga karena kepribadian campuran karakter "baik", kembalinya konstan Double menganiaya, dan simultan kematian dua antagonis. Kedua Calvino dan Brecht menganggap itu sebagai yang terbaik dari karya-karya Stevenson, dan itu sangat dipuji oleh para penulis yang beragam seperti Henry James, Walter Benjamin dan André Gide. Novel yang dia bekerja pada saat ia meninggal, Weir dari Hermiston (diterbitkan lengkap dan secara anumerta pada tahun 1896), juga diatur di Skotlandia di masa lalu tidak terlalu jauh dan juga telah sering dipuji dan dipandang sebagai karya Stevenson. Pusat cerita ini adalah hubungan yang sulit dari seorang ayah yang otoriter dan seorang putra yang harus menegaskan identitas sendiri (hadiah tema dalam banyak karya Stevenson - dan kita mungkin ingat bahwa Hyde disajikan dalam beberapa cara sebagai anak Jekyll ini - jelas cara untuk Stevenson untuk mengeksplorasi dan datang untuk berdamai dengan hubungan yang sulit dengan ayahnya sendiri).

Di Laut Selatan

Weir dari Hermiston, asmara sangat Skotlandia Stevenson, ditulis ketika Stevenson berada jauh di sisi lain dunia. Keputusannya untuk berlayar di sekitar Pasifik pada tahun 1888, yang tinggal di berbagai pulau untuk jangka pendek, maka berangkat lagi (semua waktu mengumpulkan bahan untuk sebuah karya antropologi dan sejarah di Laut Selatan yang tidak pernah sepenuhnya selesai), adalah titik balik lain dalam hidupnya. Pada tahun 1889 ia dan keluarganya diperpanjang tiba di pelabuhan Apia di pulau Samoa dan mereka memutuskan untuk membangun rumah dan menetap. Pilihan ini membawanya kesehatan, jarak dari gangguan dari kalangan sastra, dan pergi menuju terciptanya persona sastra matang: traveler, pembuangan, sangat menyadari sisi keras kehidupan tetapi juga merayakan kegembiraan dalam keterampilan sendiri sebagai penenun dari kata-kata dan teller cerita. Hal ini juga bertindak sebagai stimulus baru untuk imajinasinya. Dia menulis tentang pulau-pulau Pasifik di beberapa karya-karyanya: Entertainments Pulau Nights 'sudah disebut; Dalam Laut Selatan (diterbitkan 1896), esai yang akan pergi terhadap pekerjaan besar di daerah itu ia berencana; dan dua narasi lain dengan pengaturan Laut Selatan: The derek (1892), dan The Ebb-Tide (1894). Yang pertama adalah petualangan misteri ditetapkan di berbagai tempat seluruh dunia tetapi berpusat di Laut Selatan (memang di Midway Island, Latitude 0 °) dengan beberapa nada gelap, terutama dalam pencarian sia-sia untuk harta dan pembantaian awak kapal (untuk alasan cukup dimengerti!). The Ebb-Tide (seperti "The Beach of Falesa") memberikan gambaran realistis dari pedagang Eropa merosot dan jembel yang mendiami pelabuhan pulau-pulau Pasifik. Ini kisah Laut Selatan menandai sebuah langkah yang pasti menuju realisme lebih keras dan suram (Stevenson sendiri mengakui kedekatan dari The Ebb-Tide dengan karya Zola (Maixner, p. 452)).

Kematian

. Persona kepenulisan telah berubah dari Flaneur memukau dari karya-karya awal, tapi tetap sukacita dalam kerajinan dan kesadaran dalam membentuk hidupnya sendiri Dia meninggal pada Desember 1894 dan bahkan membentuk cara penguburan-Nya: karena ia telah berharap , ia dimakamkan di puncak Gunung Vaea atas rumahnya di Samoa. Tepat itu bagian dari puisi pendek sendiri, "Requiem" (dari 1887 koleksi), yang ditulis di atas makamnya: "Di bawah langit yang luas dan penuh bintang, / Menggali kuburan dan biarkan aku berbohong ..."

Penerimaan

Stevenson menetapkan hubungan pribadi dengan pembaca, dan menciptakan rasa heran melalui gaya cemerlang dan adopsi dan manipulasi dari berbagai genre. Menulis ketika periode novel tiga volume (dominan dari sekitar 1840-1880) itu akan segera berakhir, ia tampaknya telah menulis segala sesuatu kecuali novel Victoria tradisional: drama, puisi, esai, kritik sastra, teori sastra, biografi, perjalanannya, reportase, roman, cerita petualangan anak laki-laki, fantasi, dongeng, dan cerita pendek. Seperti penulis lain yang menegaskan sifat artistik serius dari novel saat ini ia menulis dalam hati, gaya hampir puitis - namun ia provokatif menggabungkan ini dengan minat dalam genre populer. popularitasnya dengan kritik terus Perang Dunia Pertama. Dia kemudian mengalami nasib sial harus diikuti oleh modernis yang diperlukan untuk memotong diri dari tradisi apapun; Stevenson dirasakan menjadi salah satu yang paling pembatas dari segera-sebelumnya penulis karena kemampuannya belaka, dan salah satu yang paling berbahaya untuk bermain dengan genre populer dan preferensinya untuk "asmara" selama novel serius. Dikutuk oleh Virginia dan terutama Leonard Woolf (tidak berhubungan, mungkin, dengan fakta bahwa salah satu pendukung besar Stevenson telah ayah Virginia), diabaikan oleh FRLeavis, ia secara bertahap dikeluarkan dari "kanon" secara teratur diajarkan dan ditulis-tentang karya literatur. Nadir datang pada tahun 1973 ketika Frank Kermode dan John Hollander diterbitkan mereka Oxford Anthology dari Sastra Inggris. Dengan lebih dari dua ribu halaman yang mereka miliki di mana untuk contoh dan mengomentari puisi terkenal dan prosa diproduksi di Kepulauan Inggris dari "1800 untuk Present", bukan satu halaman dikhususkan untuk Stevenson - di seluruh erat-dicetak dua ribu halaman , Stevenson bahkan tidak disebutkan sekali! bunga kritis telah meningkat perlahan sejak saat itu, di beberapa negara lebih dari yang lain, meskipun ada beberapa studi tunggal volume jika dibandingkan dengan sejumlah besar buku yang diterbitkan setiap tahun pada sezamannya James dan Conrad. Stevenson, beberapa mungkin mengatakan, telah beruntung untuk melarikan diri seperti perhatian. Membaca penulis Mozartian dan lincah ini tetap bagi banyak seperti untuk Borges, meskipun mengabaikan kritis, cukup sederhana "bentuk kebahagiaan".

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik